Keuangan

BI Klaim Perbankan Indonesia Masih Kuat Dengan Gempuran Corona

Indah Pratiwi - 01/04/2020 00:01

Beritacenter.COM - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan, kinerja perusahaan dalam skala besar, menengah, kecil sampai mikro mengalami tekanan lantaran wabahnya Virus Corona (Covid-19).

Menurut Perry, saat ini dunia bisnis mengalami penurunan, tidak hanya akibat gangguan mata rantai investasi dan perdagangan global. Akan tetapi terbatasnya gerak konsumen.

"Secara keseluruhan memang tentu saja kinerja perusahaan apakah UMKM, menengah, sama besar itu menurun," tegas dia saat telekonferensi, Selasa(31/3/2020).

Hal ini diakui Otoritas Jasa Keuangan bahwa tidak sedikit perusahaan yang mulai mengalami kesulitan mengangsur pokok bunga kredit atau pinjamannya terhadap perbankan.

Walau begitu, hal itu tidak memengaruhi kerja perbankan secara keseluruhan. Alasannya, sistem perbankan saat ini telah kuat dibandingkan saat krisis 1998 maupun 2008.

"Jadi secara umum ketahanan industri perbankan kuat. Saya tidak katakan Covid tidak berdampak pada perbankan, ini masalah manusia, kesehatan, bagaimana orang tidak bisa kerja, UMKM enggak bisa beroperasi, produksi berkurang, itulah yang berdampak ke ekonomi," paparnya.

Berita Lainnya