Berikut Isi Keppres Jokowi Terkait Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Aisyah Isyana - 01/04/2020 07:28

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken keputusan presiden nomor 11 tahun 2020, pada Selasa (31/03/2020) kemarin. Keppres itu berisi soal penetapan status kedarutan kesehatan masyarakat ditengah merebaknya pandemi Corona (Covid-19).

Adapun penetapan status itu akan didasari atas penyebaran virus Corona yang yang bersifat luar biasa dengan jumlah kasus dan kematian yang kian meningkat dan berimbas pada aspek ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Jokowi Larang WNA Masuk ke RI Cegah Covid-19, Komisi I: Langkah Tepat, Tegas!

"Bahwa penyebaran Corona virus disease 2019 (COVID-19) yang bersifat luar biasa dengan ditandai jumlah kasus dan/atau jumlah kematian telah meningkat dan meluas lintas wilayah dan lintas negara dan berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia," demikian bunyi pertimbangan di Keppres 11/2020.

Dengan pertimbangan itu, Presiden Jokowi kemudian memutuskan virus Corona (Covid-19) sebagai penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarkaat. Upaya penanganan virus Corona di tanah air akan dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Menetapkan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai jenis penyakit yang menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat," begitu bunyi putusan dalam kepres.

"Menetapkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di lndonesia yang wajib dilakukan upaya penanggulangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," sambung putusan tersebut.

TAG TERKAIT :
Presiden Jokowi Covid-19 Keputusan Presiden Keppres No.11 Tahun 2020 Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Penanganan Corona di Indonsia

Berita Lainnya