Opini

#AyoLawanCovid-19 "KITA BISA SEMBUH"

Indah Pratiwi Budi - 01/04/2020 13:12
Oleh: Agoes Abidin Pemerhati Sosial

Ancaman penyebaran virus corona atau Covid-19, menjadi masalah dunia, apalagi setelah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia, WHO, sebagai pandemi global. Di Indonesia sendiri, kasus pasien positif terpapar virus tersebut masih terus meningkat, namun pasien yang sembuh juga bertambah. Hal ini memberikan harapan positif bagi segenap masyarakat Indonesia dan khususnya bagi pasien Covid-19, membangun optimisme di tengah-tengah perjuangan untuk sembuh.

Menurut Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, hingga Selasa, 31 Maret 2020, pasien yang telah sembuh atau dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani perawatan medis dan isolasi, berjumlah 81 orang. Sementara itu, 165.837 pasien di seluruh dunia bisa disembuhkan dari penyakit virus corona SARS-CoV-2 ini.

Untuk diketahui, mayoritas pasien yang meninggal akibat Covid-19, memiliki bawaan penyakit lainnya, antara lain, diabetes, hipertansi dan penyakit paru-paru menahun yang kemudian diperparah dengan infeksi Covid-19 tersebut karena virus ini kemudian menyerang sistem pernapasan dan menurunkan sistem imunitas penderita.

Sejak diumumkannya kesembuhan pasien kasus 1 dan 3 pada pertengahan Maret 2020 lalu, satu persatu pasien di berbagai daerah juga berhasil disembuhkan.

Di Manado, satu pasien positif virus corona dinyatakan sembuh, dan telah keluar dari ruang isolasi. Sekretaris Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steven Dandel mengungkapkan, pasien kasus 58 telah melewati tes laboratorium dan dinyatakan negatif. Akhirnya pihak rumah sakit mengeluarkan pasien tersebut dari ruang isolasi ke ruang perawatan biasa. Namun perawatan pasien itu tetap dilakukan intensif karena ada banyak penyakit bawaan yang dideritanya, yaitu hipertensi, diabetes melitus, dan gangguan ginjal. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berkurang satu orang, dari 13 menjadi 12.

Di saat yang bersamaan, kabar baik datang dari Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana yang mengabarkan dirinya telah sembuh dari infeksi Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang kedua.

Sebelumnya, di Surabaya, tercatat enam pasien COVID-19 yang dirawat di Surabaya yang sudah dinyatakan sembuh sampai hari Kamis (26/3) malam. Keenam pasien yang dinyatakan sembuh tersebut berasal dari Kelurahan Bangkingan (1 orang), Kelurahan Tembok Dukuh (1 orang), Kelurahan Sawunggaling (1 orang), Kelurahan Darmo (1 orang), Kelurahan Ngagel Rejo (1 orang), dan 1 orang warga luar Surabaya yang dirawat di salah satu rumah sakit di kota tersebut.

Kemudian, seorang warga Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus corona, kini juga sudah dinyatakan pulih. Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto mengatakan, kabar baik itu diketahuinya dari manajemen RSUD Wongsonegoro Semarang saat jumpa pers pada selasa, 31 Maret 2020. Pasien sembuh yang berasal dari Desa Megal, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang ini berjenis kelamin laki-laki berusia 28 tahun yang berprofesi sebagai buruh bangunan di Bali. Sebelumnya, pasien tersebut masuk dalam PDP pada 17 Maret 2020 dan dinyatakan positif terjangkit virus corona Covid-19 pada 26 Maret 2020.

Di kota Depok, berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, jumlah pasien yang dinyatakan pulih dari virus tersebut dari sebelumnya hanya empat orang, kini telah mencapai 10 orang pasien. Sementara di kota Malang, semua pasien positif Corona dinyatakan sembuh.

Pemerintah secara terus menerus melakukan segala upaya dengan maksimal dalam rangka penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19, termasuk mendatangkan obat-obatan, peralatan medis dan alat kesehatan lainnya. Disis lain, pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak, gencar mengampanyekan pola hidup bersih dan sehat, pemanfaatan masker yang benar serta menyerukan kebijakan physical distancing untuk menekan penyebaran Covid-19.

Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam menangani wabah ini, namun diperlukan dukungan dan kerjasama segenap rakyat Indonesia agar bersatu melawan wabah tersebut.

Meningkatnya angka kesembuhan Covid-19, membawa keyakinan bahwa dengan penanganan yang benar dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat terhadap kebijakan pemerintah, maka sembuh dari penyakit Covid-19, bukanlah hal yang mustahil. Mari bersama melawan corona.

TAG TERKAIT :
Indonesia Lawan Corona Indonesia Bisa Lawan Corona Bersatu Lawan Corona Indonesia Bersatu Lawan Corona Indonesia Siap Lawan Corona Indonesia Pasti Bisa Lawan Corona Mari Bersatu Lawan Corona Ayo Lawan Covid-19 Ayo Bersatu Lawan Corona

Berita Lainnya