Jokowi Sebut RS Corona di Pulau Galang Mulai Beroprasi Pekan Depan

Baharuddin Kamal - 01/04/2020 14:37
Presiden Joko Widodo.

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Rumah Sakit (RS) Darurat Virus Corona atau COVID-19 yang dibangun di Pulau Galang, Kepulauan Riau bisa mulai beroprasi pada Senin 6 April 2020. Penyelesaian proyek tersebut memang mengalami keterlambatan karena sedikit terkendala oleh cuaca.

"Ini maksimal Senin sudah bisa dioperasikan. Memang ada keterlambatan 3-4 hari. Karena ada transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca," ujar Jokowi usai meninjau pembangunan RS Darurat Corona di Pulau Galang Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Jokowi menjelaskan, RS khusus COVID-19 itu memiliki kapasitas 360 kasur serta 20 ruangan isolasi. Tak hanya itu, lanjutnya, juga mempunyai 20 ruangan ICU dan 40 non ICU.

"Kita harapkan ini enggak dipakai. Tapi kami siapkan. Kita siap. Sejak awal ini dibangun untuk siapkan," kata Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan, bila pandemi corona ini selesai rumah sakit tersebut akan dialih fungsikan menjadi rumah sakit menular dan tempat riset untuk para ilmuan.

"Kalau semuanya selesai, baru kita alihkan untuk penggunaan lain. Rencananya untuk RS penyakit menular dan riset penyakit. Riset dan RS penyakir menular. kami harap ini enggak dipakai," ungkap Jokowi.

 

TAG TERKAIT :
Jokowi Berita Center Presiden Jokowi Indonesia Bisa Lawan Corona Indonesia Pasti Bisa Lawan Corona Ayo Bersatu Lawan Corona Penanganan Corona di Indonsia RS Corona

Berita Lainnya