News

Soal Jenazah Pasien Corona, IDI: Masyarakat Tak Perlu Cemas dan Khawatir

Aisyah Isyana - 02/04/2020 12:55

Beritacenter.COM - Adanya insiden penolakan jenazah pasien virus Corona (Covid-19) di sejumlah daerah mendapat tanggapan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dalam hal ini, IDI mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir, selama prosedur pemakaman yang telah ditetapkan pemerintah diikuti dengan benar.

"Menanggapi banyaknya kejadian masyarakat menolak jenazah pasien COVID-19. PB IDI mengimbau masyarakat tidak perlu cemas atau khawatir terkait dengan jenazah pasien COVID-19, selama mengikuti tata cara yang ditetapkan oleh pemerintah, maka jenazah tersebut akan aman dan tidak menularkan virus COVID-19," kata Waketum PB IDI, dr Slamet Budiarto, dalam keterangannya, Kamis (2/4/2020).

Baca juga :

Dia menyinggung soal pengurusan jenazah pasien virus Corona sesuai prosedur yang telah ditetapkan pemerintah, yakni waktu dimandikan dilakukan dengan petugas medis yang menggunakan alat pelindungan diri (APD) lengkap. Selanjutnya, jenazah dibungkus plastik dan dimasukkan ke peti.

"Dibungkus plastik, di masukkan ke dalam peti. Tidak boleh dibuka lagi," ujarnya.

Dia justru mengingatkan masyarakat untuk lebih hati-hati dengan potensi penularan dari orang positif Corona tanpa gejala. Guna mencegah hal itu, Slamet tak bosannya mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah dan menerapkan social distancing.

"Yang harusnya di khawatirkan adalah justru penularan dari orang dengan COVID-19 positif yang tidak bergejala, ini yang sangat berbahaya. Untuk menghindari penularan ini pemerintah sudah menghimbau masyarakat agar stay di rumah dan social distancing," tutur Ketua IDI DKI Jakarta itu.

Untuk diketahui, sebelumnya terjadi fenomena penolakan pemakaman jenazah korban Covid-19 di sejumlah daerah, seperti Gowa, Makassar, Medan dan Depok. Pihak kepolisian menyebut penolakan di Makassar sudah dua kali terjadi.

TAG TERKAIT :
IDI Covid-19 Corona Indonesia Jenazah Pasien Corona Pandemi corona

Berita Lainnya