Bisnis

Imbas Corona Perusahaan BUMN Mulai Merasakan Tekanan

Indah Pratiwi - 03/04/2020 19:14

Beritacenter.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku sedang mendata perusahaan BUMN mana saja yang mengalami kerugian akibat imbas pandemi virus corona atau Covid-19.

Banyak perusahaan BUMN yang mengalami kerugian akibat imbas pandemi corona diantaranya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

"Kita petakan BUMN mana saja yang terkena dampak karena seperti HIMBARA akan terkena. Dimana ada peningkatan NPL, yang mana kebijakan menunda pembayaran kredit dan angsuran UMKM," ujar Menteri Erick Thohir di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Selain itu, perusahaan yang mengalami tekanan hebat adalah PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. "Cashflow Pertamina dan PLN akan terganggu karena PLN itu punya surat utang yang berbentu bond, lalu Pertamina mengimpor dalam bentuk dolar. Kita jaga jangan sampai kondisinya merah," jelasnya.

Bukan itu saja, perusahan BUMN untuk jasa penerbangan dipastikan juga kena imbas yang pastinya akan minus.

"Sektor pariwisata di BUMN akan mengalami kerugian kayak ASDP, Pelni, HIN, Angkasa Pura, KAI dan Garuda itu sudah terlihat akan minus. Ini sangat memberatkan," paparnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya