Bisnis

Perusahaan Diminta Proaktif Daftarkan Karyawan Yang Terkena PHK ke Pra Kerja

Indah Pratiwi - 03/04/2020 20:04

Beritacenter.COM - Pemerintah Propinsi Bali meminta seluruh perusahaan agar para karyawan terkena PHK yang dirumahkan tanpa upah untuk didaftarkan sebagai langkah strageti perlindungan sosial akibat imbas pandemi corona(Covid-19).

Kadis Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, I Gusti Agung Rai Anom Suradi meminta, segala permasalahan sosial akibat merebaknya virus corona ini telah diirancang bentuk strategi perlindungan sosial.

“Kami sudah menyiapkan strategi perlindungan sosial, salah satunya adalah Program Kartu Prakerja dari pemerintah pusat,” paparnya.

Terkait masalah PHK dan tenaga kerja yang dirumahkan tanpa upah hingga 4 April masih bisa didaftarkan agar mendapat bantuan program prakerja dari pemerintah pusat.

“Mengingat Bali merupakan salah satu percontohan, kami ingatkan kepada perusahaan agar segera mengirimkan data karyawan atau tenaga kerja yang di PHK dan dirumahkan tanpa upah untuk dapat diusulkan menerima Program Kartu Prakerja dan mendapatkan pelatihan vokasi dan insentif dari pemerintah,” ujarnya.

Berdasarkan laporan sudah ada 3.028 tenaga kerja yang di PHK dan dirumahkan tanpa upah di 37 perusahaan di Kota Denpasar. Dari 37 perusahaan tersebut hampir sebagian besar merupakan perusahaan yang bergerak di sektor wisata.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya