Opini

Saat Wabah Covid-19 Melanda, Percayalah Pada Pemerintah

Indah Pratiwi Budi - 04/04/2020 07:00

Kehidupan Kita selalu dikelilingi suka dan duka yang silih berganti pasti akan kita hadapi. Dan bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi wabah yang mendunia yaitu VIRUS CORONA.

Betapa hidup kita harus melepaskan segala rutinitas keseharian untuk bersama-sama melawan keganasan virus yang kian menyebar akibat ketidaktauan/ketidaktaatan manusia terhadap perilaku Covid-19 ini.

Dari hasil pantauan jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia per 31 Maret 2020 ada 1.528 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 136 orang, dengan jumlah yang sembuh 81 orang.

"Kasus kematian ini adalah dari penderita konfirmasi positif covid-19 ," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, di gedung BNPB, Jakarta, Selasa (31/3) petang.

Dari data yang ada terjadi peningkatan 114 kasus di Indonesia. Sementara untuk kasus kematian dan pasien yang sembuh masing-masing terjadi penambahan 14 dan 6 orang di seluruh Indonesia.

Namun bukan berarti Virus Corona sudah berkurang atau menghilang, jika masyarakat tetap waspada dan taat aturan yaitu menghindari tempat berkumpul, kemudian rajin cuci tangan dengan sabun, niscaya virus tersebut bisa berkurang bahkan menghilang dengan sendirinya.

Saat ini pemerintah Indonesia semakin gencar mengatur strategi menghadapi penyebaran Virus Corona beserta semua dampak ekonominya dengan teliti dan hati-hati. Peran masyarakat pun sangat menentukan keberhasilannya nanti.

Semakin banyak yang bisa disembuhkan adalah titik terang bahwa bangsa Indonesia MAMPU mengatasinya dengan lebih cepat dan lebih baik.

Tanpa harus melakukan LOCKDOWN (penguncian diri) seperti sejumlah negara asing, sebab jika Indonesia melakukannya DAMPAK NEGATIFNYA MALAH JAUH LEBIH BESAR, karena banyaknya pekerja di sektor informal ini. Apalagi kita tidak tau berapa lama lockdown diberlakukan?

Walau sudah ada yang melakukan SEMI LOCKDOWN atau Sosial Distancing di beberapa daerah, sudah cukup sebagai antisipasi penyebaran Virus Corona.

Lockdown itu harus dengan pertimbangan yang sangat matang. Benar-benar detail bukan asal kebijakan!

Sekarang tinggal masyarakat harus memiliki KESADARAN untuk memanfaatkan kesempatan hidup dalam kondisi semi lockdown ini sebaik-baiknya, selagi masih bisa bernafas.

Kita harus YAKIN Bahwa kehidupan orang lain lebih baik dari kehidupan kita. Dan orang lain pun meyakini, bahwa kehidupan kita jauh lebih baik darinya. Sebab hal terpenting dalam hidup, yaitu :

bersikap "MENSYUKURI APA YANG SUDAH KITA MILIKI".

Memiliki KESEHATAN dalam pandemi Virus Corona itu yang utama dulu. Nikmati hidup, sebelum hidup tidak bisa di nikmati. Dan selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia hidup.

Tidak capek pun perlu istirahat.
Tidak kaya pun perlu bersyukur.

Sadarlah hidup ttu pendek.
Pasti ada saatnya finish.

Lakukan yang terbaik hari ini, saat wabah Covid-19 melanda, percayalah pada pemerintah yang pasti melindungi semua rakyatnya. Dan kita pun harus bergotong-royong saling membantu/berbagi apa yang bisa kita lakukan, agar bencana ini segera berlalu.

Oleh : Tante Paku

TAG TERKAIT :
Indonesia Lawan Corona Indonesia Bisa Lawan Corona Bersatu Lawan Corona Indonesia Bersatu Lawan Corona Indonesia Pasti Bisa Lawan Corona Mari Bersatu Lawan Corona Ayo Lawan Covid-19 Ayo Bersatu Lawan Corona Melawan Corona Dukung Lawan Corona

Berita Lainnya