News

Pengajuan PSBB di Jabar Terhambat, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Selidiki 50 Ribu Hasil Rapid Test Corona

Baharuddin Kamal - 06/04/2020 18:35
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Beritacenter.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sedang berupaya mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Namun, pengajuan tersebut megalami hambatan lantaran kepala daerah di tingkat Kabupaten Kota tak kunjung menyerahkan data hasil rapid test virus corona (Covid-19).

Padahal, Pemprov Jabar telah mendistribusikan lebih dari 60 ribu test kit rapid test ke-27 kabupaten kota. Namun hingga kini baru masuk sekitar 18 ribu data hasil rapid test.

"Ke manakah yang 50 ribuannya kan. ini harus segera ditindaklanjuti. Saya imbau kepala daerah untuk mengecek ke dinas kesehatan masing-masing untuk melaporkan secepatnya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (6/4/2020).

Ridwan menjelaskan, penanganan virus corona di wilayah Jabar harus dilakukan secara cepat agar tidak ada lagi korban. Untuk itu, dia meminta kepada kepala daerah agar segera menyerahkan data hasil rapid test virus corona sebagai bahan dasar pengajuan PSBB di beberapa wilayah kepada pemerintah pusat.

"Semakin cepat data masuk, semakin mudah kita memetakan. kan dengan keberhasilan kita melakukan rapid tes masif, kita menemukan pola baru. Di antaranya virus ini beredar di sekolah berasrama yang dikelola oleh lembaga kenegaraan," jelasnya.

Rencananya, dia ingin mengajukan PSBB di wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi DKI Jakarta. Semua penanganannya akan beriringan dengan langkah yang diambil oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"PSBB itu akan kita exercise berdasarkan data yang kita terima. jadi kalau datanya makin tidak lengkap, kita susah memberikan argumentasi PSBB kepada pemerintah pusat," imbuhnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Antisipasi Corona Cegah Penyebaran Corona Ayo Bersatu Lawan Corona Pencegahan COVID-19

Berita Lainnya