News

Dapat Menampung 460 Pasien, RS Khusus Corona di Pulau Galang Batam Resmi Beroperasi

Aisyah Isyana - 07/04/2020 10:28

Beritacenter.COM - Rumah sakit khusus pasien Corona (Covid-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, diresmikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksdya TNI Yudo Margono. Dengan begitu, kedepannya RS ini sudah dapat menerima pasien Covid-19.

Rumah sakit ini diketahui memiliki 340 ruangan observasi dan 20 ruangan isolasi yang siap kapan saja digunakan. Adapun RS khusus ini berada di bawah kendali Pangdam I/Bukit Barisan. Rencananya, rumah sakit ini disiapkan untuk pekerja migran dan pasien rujukan dari rumah sakit daerah di Indonesia.

Baca juga :

"Rumah sakit khusus pasien COVID-19 di Pulau Galang ini dibangun oleh pemerintah untuk warga Indonesia, terutama bagi pekerja migran yang banyak jumlahnya," kata Yudo dalam keterangan resminya, Selasa (7/4/2020).

"Tetapi, apabila ada pasien rujukan dari rumah sakit daerah di Indonesia, akan tetap diterima, termasuk masyarakat yang datang langsung," sambungnya.

Adapun peresmian RS khusus Corona ini digelar pada Senin (6/4) sore. Yudo menyebut RS ini memiliki 241 tenanga medis dari TNI-Polri, Kemenkes, Pemda, dan relawan. Ada juga tim pendukung lainnya termasuk dari Bakangdam I, yang bertugas di dapur lapangan.

Selain itu, RS Khusus Corona ini juga memiliki tiga helipad dan pelabuhan laut yang dapat digunakan dalam situasi darurat. RS khusus Corona ini dapat menampung hingga 460 pasien.

TAG TERKAIT :
Virus Corona Covid-19 Cegah Virus Corona Ayo Lawan Covid-19 RS Khusus Corona Batam Kepri

Berita Lainnya