News

Imbas Corona, Puluhan Buruh di Mojokerto Kena PHK

Dewi Sari - 07/04/2020 18:00

Beritacenter.COM - Sebanyak 24 buruh di pabrik selotip yang berada di Jalan Raya Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). PHK itu dilakukan lanataran manajamen pabrik mengalami kesulitan finansial akibat virus Corona atau Covid - 19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mojokerto Nugraha Budi Sulistya mengatakan 24 buruh pabrik solatip terpaksa dirumahkan.

"(PHK) karena efisiensi. Pabrik kesulitan finansial, harus mengurangi biaya produksi. Salah satu caranya adalah ngurangi salary cost (biaya upah)," kata Nugraha, Selasa (7/4/2020).

Tak terima dirumahkan, 24 buruh menggelar aksi protes dengan duduk bersama di halaman pabrik, Senin (6/4) pagi.

Manajemen pabrik selotip lantas merespons tuntutan para buruh dengan menggelar mediasi di hari yang sama. Selain 24 buruh yang di-PHK dan HRD perusahaan, mediasi juga melibatkan Danramil Kutorejo Kapten Inf Benny Irawan, serta Kapolsek Kutorejo AKP Hery Susanto.

Disinggung terkait kemungkinan terdapat hak-hak para buruh yang belum dipenuhi oleh manajemen pabrik selotip setelah dirumahkan, Nugraha berdalih belum menerima laporan. "Belum ada laporan resminya ke Disnaker," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Buruh Pemecatan Imbas Corona Puluhan Buruh

Berita Lainnya