Internasional

Mitos Terpecahkan, Pasien Yang Sembuh dari Corona Bisa Positif Lagi

Indah Pratiwi - 08/04/2020 16:43

Beritacenter.COM - Ada beberapa pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari serangan Corona COVID-19 yang sebelumnya diklaim tidak akan terpapar kembali dimentahkan dengan fakta baru yang membuat dunia terguncang. Kejadian ini ditemukan di Korea Selatan(Korsel) dimana ada 51 orang di negara asal K-Pop tersebut kembali positif COVID-19 yang sebelumnya telah dinyatakan sembuh.

Dirjen Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Korea atau Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC), Jeong Eun-kyeong mengakui, ada 51 orang warga dari Daegu dan sekitar Provinsi North Gyeongsang kembali positif usai menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh.

Fakta ini mematahkan mitos yang sebelumnya orang yang pernah terpapar akan lebih resisten atau bahkan ‘mustahil’ terkena serangan virus Corona COVID-19. Namun, fakta ini membuat orang tercengang dimana telah ditemukan banyak kasus orang yang terpapar corona kembali.

Presiden Rumah Sakit Tongji, Wang Wei mengatakan ia mengaku terkejut bahwa virus corona(Covid-19) ternyata sangat pintar 'menipu'.

Termuan-temuan ini menjadi pelajaran berharga untuk tetap waspada dengan bahaya laten dari Corona COVID-19 yang masih berstatus pandemi.

Sebelumnya, Presiden Rumah Sakit Tongji, Wang Wei mengonfirmasi 5 dari 145 pasien atau sekitar tiga hingga 10 persen pasien di Wuhan, China yang yang dinyatakan sembuh kembali terinfeksi virus corona hingga mereka kembali menjalani perawatan.

Saat ini, para peneliti dan tim dokter tengah berupaya untuk memecahkan apakah pasien yang sudah sembuh dari corona dapat kembali menginfeksi orang lain. Atau dengan kata lain kemungkinan tubuh eks pasien telah mengembangkan antibodi yang menawarkan kekebalan terhadap virus corona COVID-19.

Menurut Wang, ada 5 pasien yang dinyatakan kembali positif corona tidak mengalami gejala secara umum.

Berdasarkan laporan bahwa orang yang terinfeksi corona terdapat 80 hingga 90 persen tidak memiliki jejak virus corona dalam sistem tubuh selama sebulan setelah dipulangkan dari rumah sakit. Akan tetapi, tim dokter belum menemukan bukti bahwa pasien bisa kembali menularkan virus corona atau tertular lagi.

"Sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka (virus) dapat menular," ujar Wang seperti dilansir dari South China Morning Post.

Laporan ini juga mengutip Life Times dimana ada 5 hingga 10 persen pasien di pusat karantina lainnya di Wuhan yang sempat dinyatakan sembuh kemudian kembali terinfeksi virus corona.

TAG TERKAIT :
Berita Center Bersatu Lawan Corona

Berita Lainnya