News

Nekat Mudik, Siap-siap PNS Akan Kena Sanksi Turun Pangkat Hingga Penundaan Naik Gaji

Aisyah Isyana - 09/04/2020 11:34

Beritacenter.COM - Pemerintah akan memberikan sanksi kepada aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) yang nekat mudik ditengah Pandemi Corona (Covid-19). Adapun sanksi yang akan diberikan yakni, penurunan pangkat hingga penundaan naik gaji.

"Sanksi untuk pelanggaran disiplin sedang, yaitu penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan (pangkat), penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun," ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Rabu (8/4/2020).

Baca juga : 99 Pasien Sembuh, Tangerang Selatan Optimistis Pandemi Corona Segera Berakhir

Adapun aturan soal sanksi itu diatur dalam PP 53/2010 tentang Disiplin PNS. Bima menyebut PNS yang nekat melakukan mudik masuk kategori pelanggaran sedan dan bertolak belakang dengan kebijakan Presiden terkait situasi darurat Corona. Dia menyebut ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat.

Jika PNS yang mudik diketahui berstatus orang dalam pengawasan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), atau bahkan positif Corona, Bima menyebut hal itu masuk dalam kategori pelanggaran berat. Pasalnya, PNS mudik itu telah membahayakan masyarakat lainnya.

"Sanksi disiplin berat mulai penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan," kata Bima.

Dia memastikan para PNS akan mendapat pengawasan langsung atasan mereka masing-masing. Mereka akan langsung ditindak sebagaimana aturan berlaku jika kedapatan nekat melakukan mudik.

"Apabila atasan langsungnya tidak mengambil tindakan maka, sesuai PP53/2010, yang bersangkutan akan dikenai sanksi yang sama seperti yang pulang mudik," tegasnya.

TAG TERKAIT :
PNS Mudik ASN BKN Virus Corona Covid-19 Pandemi corona

Berita Lainnya