News

Cegah Panik dengan Kuis, Rahasia 6 Pasien Keluarga di Magetan Sembuh dari Corona

Iya betul itu, ayah Sarno itu ortu dari kakak ipar saya (besan dari ibu saya) kan juga positiif. Dia bikin kuis di group WhatsApp keluarga dan yang bisa jawab dapat hadiah dan setiap hari itu

Aisyah Isyana - 13/04/2020 22:30

Beritacenter.COM - Sempat divonis positif Corona (Covid-19), enam orang yang masih satu keluarga asal Magetan dinyatakan sembuh. Keenam keluarga yang merupakan warga Kecamatan Ngariboyo, Magetan, itu menceritakan cara unik mereka sembuh dari Corona ke masyrakat.

Salah satu dari keenam anggota keluarga itu, yakni Nadia (20), menceritakan pengalamannya selama menjalani 10 hari perawatan di RSUD dr Soedono Madiun. Nadia merupakan pasien positif Corona tanpa gejala (OTG).

Baca juga :

"Di RS saya dirawat 10 hari, kalau ibu saya 21 hari sakit karena saat itu (ibu) juga ada gejala (demam batuk)," ujar Nadia seperti dilansir detik, Senin (13/4/2020).

Nadia mengaku tak dapat melupakan semangat dan support pihak keluarga untuk sembuh, salah satunya dilakukan dengan cara bermain game atau kuis. Kala itu, Ayah dari kakak iparnya yang juga terjangkit Corona membuat kuis yang dikirimkan ke WhatsApp grup keluarga.

"Iya betul itu, ayah Sarno itu ortu dari kakak ipar saya (besan dari ibu saya) kan juga positiif. Dia bikin kuis di group WhatsApp keluarga dan yang bisa jawab dapat hadiah dan setiap hari itu," ujar Nadia.

Menanggapi pandemi Corona yang masih masif terjadi penyebarannya di Indonesia, Nadia berpesan agar masyrakat tidak panik dan takut berlebihan. Menurutnya, hal itu hanya akan membuat imunitas tubuh turun dan memperparah penyakit.

"Wajib untuk tidak panik. Karena kalau panik yang berlebihan itu salah, bikin overthinking janganlah, karena nanti pengaruh banget ke imun. Karena semakin panik sama juga dengan akan menambah gangguan fisik kita," paparnya.

Sang Ayah, Sarno (57), membenarkan soal adanya kuis yang dibuatnya selama menjalani isolasi 10 hari di RSUD dr Soedono Madiun. Sarno yang juga sebagai pasien tanpa gejala, menyebut dirinya membuat kuis di grup WhatsApp keluarga berhadiah pulsa agar anggota keluarga tak panik dan stress lantaran terjangkit virus tersebut.

"Sekitar 10 hari saya enjoy (di RSUD dr Soedono). Saya buat kuis untuk keluarga setiap hari di group WhatsApp keluarga. Tujuannya saya mengabarkan kalau saya baik baik saja, tidak usah memikirkan," tuturnya.

"Saya buat kuis pertanyaan mudah dan hadiah pulsa Rp 25 ribu. Kadang yang di luar bingung bertanya-tanya perkembangan gimana, biar tahu kalau memang selama di RS kita semua baik-baik saja," ujarnya.

Sarno juga mengimbau agar masyrakat dapat senantiasa mengikuti intruksi pemerintah guna memutus rantai penularan virus Corona. Dia mengimbau agar masyarkat tidak terlalu takut berlebihan dengan virus itu serta senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan.

"Makanya pola pikir harus sehat dulu, kalau kita ndredeg (khawatir) pasti pengaruh nafsu makan dan kondisi badan turun imun. Jadi kalau Corona itu tidak perlu ditakuti, Jadi takut itu, kalau kita tidak cuci tangan, kalau kita tidak pakai masker, kalau kita saling mencurigai,' tutur Sarno.

"Jadi kalau pengalaman saya itu kemarin masuk itu tanggal 24 bulan Maret kemudian keluar tanggal 2 April. Kontak dengan almarhum (ayahnya Nadia) karena punya penyakit penyerta. Insyaallah kalau kita sehat bisa sembuh dari COVID-19," tandasnya.

TAG TERKAIT :
Magetan Virus Corona Covid-19 Pasien sembuh corona Ayo Lawan Virus Corona Cegah Penyebaran Covid-19

Berita Lainnya