Kriminal

Pesan Ganja Via Sosmed, Pemuda di Samarinda Ditangkap BNN

Baharuddin Kamal - 17/04/2020 09:36
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengamankan seorang pemuda berinisial IK (27) usai menerima kiriman paket ganja seberat 500 gram yang dia pesan melalui sosial media (Sosmed). Pelaku ditangkap dikediamannya yang terletak di Jalan Pangeran Hidayatullah, Samarinda, Kalimantan Timur.

"Kami amankan dia ini," kata Kabid Pemberantasan BNN Provinsi Kalimantan Timur AKBP Halomoan Tampubolon, Kamis (16/4/2020) malam.

Penangkapan ini bermula saat petugas mencurigai barang yang baru saja diterima pelaku dari Medan, Sumatera Utara.

"Info awal ini kami dapat dari masyarakat," ujar Tampubolon.

"Info itu kami lidik, bekerjasama dengan salah satu perusahaan jasa ekspedisi. Dugaan kuat, paket itu berisi ganja, tujuan pengiriman Jalan Pangeran Hidayatullah," lanjutnya.

Curiga atas paket itu, kemudian petugas merancang strategi dengan membiarkan kurir melakukan pengiriman ke rumah tersangka. "Setelah paket itu diantarakan, alamat tujuan pengiriman kami datangi," jelasnya.

Di dalam rumah, petugas mengamankan seorang pemuda, IK. Saat interogasi, dia mengaku sebagai pemesan paket itu dari Medan. "Paket buka, isinya ganja kering terbungkus alumunium foil, dibungkus lagi dengan sweater. Itu modus untuk mengelabui," terang Tampubolon.

Dari penangkapan itu, petugas mengamankan barang bukti ganja kering seberat 500 gram dan langsung dibawa ke kantor BNN Kaltim.

"Dia mengaku baru 2 kali pesan ganja kering, melalui medsos. Masih dari pengakuan dia, mau dipakai sendiri. Tapi itu tentunya terus kami dalami," tuturnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat 1 junto pasal 111 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

 

TAG TERKAIT :
Ganja BNN Kasus Narkoba Berita Kriminal Indonesia Berita Center Kalimantan Timur

Berita Lainnya