Nasional

Kasus Corona Diprediksi Capai 106 Ribu, Begini Antisipasi yang Dilakukan Pemerintah

Lukman Salasi - 20/04/2020 08:21

BeritaCenter.COM – Kasus yang positif Corona atau COVID-19 di Indonesia diprediksi akan mencapai 106 ribu pada Juli mendatang. Pemerintah pun melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

"Langkah antisipasinya satu, konsistensi PSBB dan evaluasi implementasinya secara berkala serta mengambil kebijakan dengan cepat di lapangan jika PSBB tidak ditaati untuk memberikan opsi lain kepada pemerintah pusat dalam rangka penegakan PSBB," kata Tenaga Ahli Utama Kepresidenan KSP Dany Amrul Ichdan, Minggu (19/4/2020).

Pemerintah juga bakal mempercepat tes PCR demi memutus rantai penyebaran virus Corona.

"Mempercepat tes PCR, khususnya di daerah kuning dan merah agar dapat dilakukan mitigasi dan fase delay terhadap outbreak," ucap Dany.

Selain itu, pemerintah akan tegas menutup kantor pemerintahan yang tak terkait dalam protokol penanganan Corona.

"Menutup perkantoran pemerintah dan swasta termasuk pabrikasi dan sektor jasa yang tidak ada kaitannya dalam protokol kesehatan yang dibolehkan dalam PSBB untuk dibuka," sebut Dany.

Dany menilai penutupan sejumlah tempat yang disebutkannya tadi bisa menimbulkan efek positif. Salah satu efek itu adalah menurunnya arus lalu lintas.

"Penutupan ini juga akan berdampak pada penurunan moda transportasi yang saat ini masih padat di beberapa destinasi. Ini perlu kolaborasi dengan Pemprov, Depnaker dan industri terkait," sebut Dany.

Rencana antisipasi ini disebut Dany bisa menumbuhkan kesadaran bagi perkantoran lainnya. Sektor yang tidak dikecualikan dalam PSBB diharapkan bisa ikut melakukan penutupan sementara.

"Saya berharap sektor perkantoran pemerintah bisa menjadi role model penutupan kantor untuk sementara waktu, kecuali perkantoran yang dibolehkan dalam PSBB untuk dibuka sebagai layanan publik dan pertahanan keamanan," ucap Dany.

Dany juga menyarankan ada pengetatan pintu masuk di zona hijau demi memutus rantai penyebaran virus Corona.

Hal senada juga disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, dr Achmad Yurianto.

"Semua arahan untuk memutus penularan sudah dilakukan. Mulai social distancing/physical distancing, tetap di rumah, pakai masker, sampai PSBB," kata Yuri, saat dihubungi, Minggu (19/4).

Yuri mengatakan, meski semua upaya telah dilakukan pemerintah, masyarakat tetap berperan dalam memutus rantai penyebaran virus. Menurutnya, jumlah kasus positif di Indonesia bisa ditekan tergantung dari kepatuhan masyarakat mematuhi anjuran pencegahan virus Corona dari pemerintah.

"Tinggal bagaimana kepatuhan dan pelaksanaannya oleh masyarakat," ujarnya.

Yuri mengatakan jumlah kasus positif dalam prediksi itu merupakan angka akumulasi semua kasus yang terkait virus Corona. Artinya, jumlah yang diprediksi itu termasuk pasien yang positif, meninggal, dan sembuh.

"Ini angka akumulasi. Cara bacanya seperti data kemarin, angka lebih dari 6.000-an, artinya bukan kemarin yang sakit 6.000-an. Tetapi jumlah yang total sakit sampai kemarin 6 ribuan, ada yang sudah sembuh dan ada yang meninggal," jelas Yuri.

TAG TERKAIT :
Berita Center Indonesia Bersatu Lawan Corona Pemeirntah Indonesia Langkah Antisipasi Cegah Melonjaknya Kasus Corona Prediksi Kasus Positif Corona

Berita Lainnya