News

Hari Pertama PSBB Surabaya Raya, Minibus Terpaksa Turunkan Penumpang Karena Overload

Pengendara mobil ada yang overload, tadi ada Elf kita minta turun sebagian penumpangnya karena overload, mobil R4 juga kita minta kembal

Aisyah Isyana - 28/04/2020 12:50

Beritacenter.COM - Hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya, dilakukan petugas dengan melakukan pengecekan terhadap sejumlah kendaraan. Sebagaimana yang terjadi di pintu masuk Surabaya, tepatnya di Bundaran Waru.

Ada ribuan pengendara sepeda motor dan mobil yang dicek petugas secara rinci. Petugas bahkan terpaksa menghentikan sebuah minibus dan menurukan sebagian penumpangnya. Pasalnya, minibus yang diperiksa petugas diketahui kelebihan penumpang.

Baca juga : Surabaya Raya Mulai PSBB, Kapolda Jatim Langsung Pantau Check Point di Jalur Utama

Sebagaiamana merujuk ke Perwali bagian ke-7 pembatasan penggunaan moda transportasi untuk pengendara orang dan barang pasal 18, membatasi jumlah penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas kendaran.

"Pengendara mobil ada yang overload, tadi ada Elf kita minta turun sebagian penumpangnya karena overload, mobil R4 juga kita minta kembali," kata Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad kepada wartawan, Selasa (28/4/2020).

Sementara untuk mobil pribadi, para penumpang yang duduk di sebelah pengemudi juga diminta untuk turun dan pindah ke tempat duduk di belakang. Mobil pribadi diatur satu seat mobil hanya untuk satu penumpang saja.

"Kalau mobil pribadi duduknya sesuai seat-nya. Yang duduk bersebelahan kami minta turun dan pindah ke belakang. Kalau seat-nya tiga, ya untuk tiga orang," jelasnya.

Untuk pengendara sepeda motor, Irvan menyebut ada pengendara motor yang diminta untuk putar balik dengan berbagai alasan, setidaknya setiap 5 menit. Kendaraan yang diminta putar balik itu, dinataranya tak membawa surat tugas, beda alamat dnegan yang dibonceng, serta tak menggunakan masker.

"Setiap 5 menit pasti ada pengendara motor yang disuruh putar balik," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Surabaya Covid-19 Polisi Cegah Corona Cegah Penyebaran Corona Kebijakan PSBB PSBB di Surabaya Raya

Berita Lainnya