Internasional

WHO soal Covid-19 : Kami Hanya Memberi Saran, Terserah Mau Diikuti Atau Ditolak

Aisyah Isyana - 28/04/2020 15:52

Beritacenter.COM - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menegaskan jika pihaknya hanya dapat memberikan saran soal penanganan pandemi Corona (Covid-19). WHO menyebut akhir dari pandemi global ini akan kembali lagi ke negara masing-masing.

"Hanya bisa memberikan saran, tapi satu hal yang jelas -- kami tidak memiliki mandat apapun untuk memaksa negara-negara menerapkan apa yang kami sarankan kepada mereka," tegas Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilansir CNN, Selasa (28/4/2020).

Baca juga : 

WHO juga tak mempermasalahkan jika ada negara-negara yang menolak untuk mengikuti saran mereka. "Terserah kepada negara-negara untuk mengikuti saran kami, atau menolaknya," imbuh Tedros dalam pernyataan saat media briefing di Jenewa, Swiss.

Tedros memastikan jika saran yang diberikan WHO sudah didasarkan atas sains dan bukti-bukti terbaik. Seperti yang terjadi pada 30 Januari lalu, dimana WHO telah menetapkan level tertinggi darurat global terkait wabah Corona.

"Pada masa itu, seperti Anda ingat, hanya ada 82 kasus di luar China. Dunia seharusnya mendengarkan WHO saat itu, secara hati-hati. Setiap negara bisa mengambil langkah-langkah kesehatan publik yang mungkin dilakukan," jelas Tedros.

Saat itu, WHO menyarankan agar negara-negara didunia untuk segera mencari, memeriksa, mengisolasi, dan melacak kontak untuk setiap kasus.

"Anda bisa memeriksa sendiri, negara-negara yang mengikuti (saran WHO) ada di posisi lebih baik daripada yang lain. Ini fakta," tegas Tedros.

Tedros menilai, setiap negara pada akhirnya mengambil langkah-langkah dan tanggung jawab mereka sendiri terkait pandemi tersebut. "Pada akhirnya, setiap negara mengambil tanggung jawabnya sendiri," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, data penghitungan Johns Hopkins University (JHU) sejauh ini telah melaporkan lebih dari 3 juta kasus virus Corona terkonfirmasi secara global. Jumlah korban meninggal secara global kini melebihi 211 ribu orang.

TAG TERKAIT :
WHO Virus Corona Covid-19 Cegah Penyebaran Corona Penanganan COVID-19 Pandemi corona

Berita Lainnya