Internasional

Trump Pastikan Buat China Bertanggung Jawab soal Pandemi Covid-19

Ada banyak cara yang bisa kami lakukan untuk membuat mereka bertanggung jawab. Kami sedang melakukan investigasi dengan serius seperti yang kalian semua ketahui dan kami tak senang dengan situasi yang ada saat ini

Aisyah Isyana - 28/04/2020 18:00

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memastikan pihaknya akan terus melakukan investigasi dan membuat China bertanggung jawab atas terjadinya pandemi Corona (Covid-19). Trump beranggapan jika China seharusnya dapat mencegah Corona dan tak membuatnya menyebar hingga ke seluruh dunia.

"Ada banyak cara yang bisa kami lakukan untuk membuat mereka bertanggung jawab. Kami sedang melakukan investigasi dengan serius seperti yang kalian semua ketahui dan kami tak senang dengan situasi yang ada saat ini," ucap Trump dalam sesi konferensi pers dikutip dari AP.

Dalam hal ini, Trump menyebut China seharusnya dapat lebih responsif dalam memutus rantai penyebaran virus Corona langsung dari sumbernya, yakni sejak pertama ditemukan di Wuhan pada awal tahun kemarin.

Baca juga :

"Kami tidak senang dengan seluruh situasi yang ada karena kami percaya bahwa virus ini bisa disetop di sumbernya. Virus ini seharusnya bisa disetop dengan cepat dan tidak menyebar ke seluruh dunia. Kami berpikir hal tersebut yang seharusnya terjadi."

"Jadi kami akan membuat kalian semua mengetahui hal ini pada waktu yang tepat," tutur Trump.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, sempat menuding China telah mengetahui adanya virus Corona sejak awal November 2019.

Dimana China awalnya disebut menutup rapat informasi soal kasus pneumonia yang misterius dan menahan orang-orang untuk melaporkannya. Hingga akhirnya wabah yang bermula di Wuhan itu menyebar ke seluruh dunia dan dinyatakan sebagai pandemi pada akhir Desember.

Alhasil, AS kemudian mendesak agar China memberikan akses pemeriksaan ke laboratorium virologi di Wuhan. AS menduga jika virus itu menyebar dari laboratorium tersebut. Namun, China membantah adanya teori itu. Ilmuwan China menyebut jika virus itu kemungkinan ditularkan ke manusia dari hewan di pasar daging Wuhan.

Untuk diketahui, data John Hopkins sejauh ini menyebut ada sebanyak 988.189 kasus positif corona di Amerika Serikat dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 56.225 jiwa. AS masuk sebagai negara dengan jumlah korban terbanyak akibat pandemi Covid-19.

TAG TERKAIT :
Donald trump China Amerika Serikat Virus Corona Covid-19 Pandemi corona

Berita Lainnya