Opini

Beda Indonesia dan Vietnam Hadapi Corona

Indah Pratiwi Budi - 28/04/2020 19:30
Oleh: Rudi S Kamri

Setelah hampir sebulan terlockdown di rumah, sore ini, Senin 27 April 2020 saya sengaja ngabuburit, sambil lihat PSBB di Jakarta berjalan baik atau tidak. Ternyata, lalu lintas di beberapa tempat masih ramai, bahkan antrian di beberapa perempatan masih panjang mengular. Di beberapa lokasi juga terlihat orang masih asyik nongkrong di pinggir jalan. Ibu-ibu jualan tajil untuk buka puasa juga masih ramai didatangi pembeli.

Ada yang membandingkan Indonesia dengan Vietnam. Vietnam diianggap berhasil mengatasi Covid-19 dengan angka kematian nol. Luar biasa. Itu suatu realita yang harus kita akui.

Tapi suatu realita yang harus diketahui oleh masyarakat Indonesia juga bahwa di Vietnam tidak ada warga yang bebal, ngeyel setengah tolol dan suka nyinyir. Di sana semua patuh pada anjuran dan atutan Pemerintah. Di Vietnam tidak ada Gubernur yang suka jalan sak karepe dewe. Di sana juga tidak ada IDI yang suka cari panggung dan terlihat punya agenda tersendiri. Di sana tidak mantan Wapres dan politisi kadal burik yang suka memprovokasi masyarakat di media. Di Vietnam tidak ada Fadli Zon, Rizal Ramli, Said Didu, Natalius Pigai atau Andi Arief.

Indonesia vs Vietnam tidak bisa kita perbandingkan apple to apple. Kecuali kita sepakat menerapkan sistem negara yang otoriter seperti komunis atau seperti rezim orde baru. Anda mau?

Saya tidak mau.......

Disiplin masih menjadi PR besar bangsa ini.....

Salam SATU Indonesia
27042020

 

(Sumber: Facebook Rudi S Kamri)

TAG TERKAIT :
Indonesia Lawan Corona Indonesia Bisa Lawan Corona Bersatu Lawan Corona Mari Bersatu Lawan Corona Ayo Lawan Covid-19 Di Rumah Aja Tetap Di Rumah

Berita Lainnya