Nasional

Selama Pandemi Corona, Polri Tangkap 99 Pelaku Penyebar Hoaks COVID-19

Baharuddin Kamal - 28/04/2020 19:18
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra.
FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian berhasil mengungkap 99 kasus penyebaran berita bohong atau hoaks terkait pandemi virus corona (COVID-19). Pengungkapan kasus tersebut terhitung sejak masuknya COVID-19 ke Indonesia.

"Sampai dengan hari ini Polri telah menangani 99 kasus," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra di kantornya, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (28/4/2020).

Asep menjelaskan, penanganan hoaks terkait virus corona paling banyak berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang terhitung hingga saat ini ada 13 kasus, kemudian disusul Polda Jawa Timur 12 kasus. Menurutnya, para pelaku kebanyakan dilatarbelakangin dengan iseng semata.

"Motif yang jadi latar belakang pelaku melakukan aksi penyebaran termasuk pembuatan hoaks corona karena iseng, sebagai sarana bercandaan dan ekspresi tidak puas ke pemerintah," ucap Asep.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 45 dan 45 A Undang-undang ITE dengan ancaman pidana 6 tahun penjara dan denda Rp1 miliar, Pasal 14 dan 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman pidana 10 tahun penjara dan Pasal 16 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

TAG TERKAIT :
POLRI Berita Kriminal Indonesia Berita Center Berita Hoaks Virus Corona Covid-19 Hoaks Corona Polisi Cegah Hoaks

Berita Lainnya