Internasional

Keyakinan Trump soal Asal Muasal Virus Corona dari Laboratorium Wuhan

Aisyah Isyana - 01/05/2020 12:47

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim memiliki bukti jika virus Corona (Covid-19) berasal dari laboratorium virologi China. Pada Kamis (30/4), Trump bahkan mengaku sudah melihat bukti yang membuatnya yakin jika virus itu berasal dari Institut Virologi Wuhan, China, seperti dilansir Reuters, Jumat (1/5/2020).

Kendati begitu, Trump masih enggan membeberkan rinci soal bukti yang diklaimnya tersebut. "Ya, ya sudah. Aku tidak bisa memberitahumu itu. Saya tidak diizinkan memberi tahu Anda tentang itu," katanya, menolak untuk memberikan spesifik.

Baca juga : Trump Pastikan Buat China Bertanggung Jawab soal Pandemi Covid-19

Trump beranggapan jika China kemungkinan tak dapat menghentikan penyebaran virus Covid-19 hingga akhirnya menyebar. Namun, dia menolak mengatakan apakah dalam hal ini dia telah menganggap Presiden China Xi Jinping bertanggung jawab atas yang disebut Trump sebagai informasi yang salah soal kemunculan virus Covid-19.

Presiden Trump memastikan jika pemerintahnya telah berupaya untuk mengusut apakah virus Corona berasal dari Laboratorium Wuhan. Menyusul adanya laporan media yang menduga jika virus itu telah disintesis secara buatan di laboratorium yang didukung China dan telah menyebar hingga keluar dari fasilitas tersebut.

Penyebaran virus Corona memang telah membuat Presiden Trump cukup frustasi beberapa pekan terakhir. Pasalnya, pandemi virus Corona telah mengakibatkan hilangnya puluhan ribu nyawa di Amerika Serikat. Bahkan, pandemi ini turut memicu kontraksi ekonomi di negara tersebut.

Perdebatan soal asal muasal virus Corona juga turut membuat hubungan AS dan China kian memanas. Beijing menuding jika militer AS kemungkinan membawa virus itu ke China, sementara Trump menuding China telah gagal memperingati dunia soal akan risiko secara tepat waktu dan transparan.

Sementara itu, Institut Virologi Wuhan sendiri menampik adanya tuduhan tersebut. Bahkan pejabat AS lainnya yang menolak kemungkinan jika virus Corona berasal dari laboratorium China. Mayoritas ahli juga menyakini jika virus itu berasal dari pasar yang menjual hewan eksotis di Wuhan, hingga menularkan virus dari hewan ke manusia.

Sebelumnya, Sekretaris Negara AS Mike Pompeo, Kamis (30/4), mengaku tak mengetahui pasti apakah virus itu berasal dari laboratorium.

"Kami tidak tahu apakah itu berasal dari Institut Virologi Wuhan. Kami tidak tahu apakah itu berasal dari pasar basah atau tempat lain. Kami tidak tahu jawaban itu, "kata Pompeo dalam sebuah wawancara dengan Newsradio 1040.

TAG TERKAIT :
Donald trump China Amerika Serikat Virus Corona Covid-19 Laboratorium Wuhan China

Berita Lainnya