Nasional

Pemerintah Sebut Pembubaran Warung Makan Adalah Contoh PSBB Kebablasan

Baharuddin Kamal - 04/05/2020 16:15
Presiden Joko Widodo.

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mengevaluasi daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara berlebihan. Salah satu contoh penerapan PSBB yang berlebihan adalah membubarkan paksa warung tenda atau warung makan.

"Jadi Bapak Presiden itu mendapatkan informasi dan juga mungkin membaca berita ada beberapa tempat yang melakukan langkah yang menurut bapak Presiden kurang tepat," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Jokowi melalui telekonferensi, Senin (4/5/2020).

"Jadi, ada warung tenda kemudian datang sekelompok petugas lantas membubarkan paksa. Nah seperti ini kan ya berlebihan," tambahnya.

Doni mengatakan, seharusnya petugas memberi peringatan kepada pelaku usaha seperti meminta untuk mengurangi kursi yang mulanya 10 menjadi 5. Intinya, lanjut Mantan Danjen Kopassus itu, harus ada komunikasi intensif antara petugas dan para pelaku usaha.

Sebelumnya diketahui, Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk mengevakuasi penerapan PSBB di empat provinsi dan 22 kabupaten/kota. Evaluasi dilakukan supaya daerah bisa menerapkan PSBB secara ketat dan efektif.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti daerah yang menerapkan PSBB secara berlebihan atau kebablasan, serta daerah yang terlalu kendor terhadap kerumunanan orang. Oleh sebab itu evaluasi penting untuk dilakukan.

"Saya lihat beberapa kabupaten kota telah melewati tahap pertama dan akan masuk tahap kedua, ini perlu evaluasi, mana yang penerapannya terlalu over terlalu kebablasan, mana yang terlalu kendor, evaluasi ini penting sehingga kita bisa melakkan perbaikan di kota kabupaten maupun provinsi yang melakukan PSBB," jelas Jokowi, Senin 4 Mei 2020.

TAG TERKAIT :
Berita Center Presiden Jokowi Virus Corona Pandemi corona PSBB Penerapan PSBB Evaluasi PSBB Penerapan PSBB Berlebihan Dampak PSBB

Berita Lainnya