Keuangan

Bank Indonesia Tolak Cetak Uang Rp4 Ribu Triliun, Ini Alasannya...

Indah Pratiwi - 06/05/2020 15:24

Beritacenter.COM - Bank Indonesia (BI) tolak permintaan pihak yang menginginkan bank sentral agar mencetak uang sebanyak Rp600 triliun hingga Rp4.000 triliun untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak corona(COVID-19).

Permintaan ini merupakan dari Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang mengusulkan kepada BI agar mencetak uang Rp4.000 triliun.Selain itu, DPR juga mengusulkan mencetak Rp600 triliun. Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, pencetakan uang tidak bisa sembarangan karena akan menimbulkan permasalahan ekonomi.

“Sekarang kita mendengar ada sejumlah pandangan, untuk mengatasi COVID-19 ini BI cetak uang saja. Kemudian dikucurkan ke masyarakat dan tidak usah khawatir inflasi. Ini mohon ya, pandangan-pandangan itu tidak sejalan dengan praktik moneter yang lazim. Mohon maaf nih, supaya masyarakat tidak tambah bingung,” kata Perry di Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Pihaknya, kata dia, tidak akan mencetak uang tunai secara berlebih. Sebab bisa berimbas pada operasi moneter dan inflasi.

“Jadi jangan punya pikiran macam-macam. Jadi mohon lebih baik jangan tambah kebingungan masyarakat. Seperti bilang BI cetak uang saja untuk menangani COVID. Proses pengedaran uang sudah ada,” pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya