Nasional

Polri Ungkap Modus Baru Pemudik : Ngumpet di Bagasi Hingga Masuk Truk Molen

Baharuddin Kamal - 06/05/2020 19:20
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Beritacenter.COM - Polri mengungkap adanya modus baru yang digunakan para pemudik untuk mengelabuhi petugas di lapangan. Modus baru itu yakni dengan masuk ke dalam truk molen dan bagasi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, modus tersebut dilakukan masyarakat agar bisa lolos dari pemeriksaan petugas di lapangan, sehingga mereka berhasil mudik.

"Pemudik ini mau melakukan pelanggaran itu gimana caranya, gimana upayanya bisa mengibuli memanipulasi sehingga petugas kepolisian dan petugas yang lain tidak melihat, ada kecenderungan, ada juga yang akhirnya lolos ke daerah mereka melalui jalan arteri dan tikus," kata Argo dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB Jakarta, Rabu (6/5/2020).

"Dan ada yang tidak disangka ada yang masuk ke truk molen dan ada yang masuk bagasi dan sebagainya," tambahnya.

Selain itu, lanjut Argo, ada beberapa agen travel yang memfasilitasi warga untuk mudik. Bahkan, tak sedikit pula sopir yang mendapat penindakan dari petugas.

Perlu diketahui, sejauh ini Polda Metro Jaya telah menindak 22 travel ilegal karena masih nekat angkut penumpang saat pandemi Covid-19. Para pengemudi pun dikenakan Pasal 308 UU Lalu Lintas Jalan Raya dengan kurungan 2 bulan dan denda Rp500 ribu.

Sedangkan untuk kendaraan yang diputar balikan, ada sekitar 23.405 lantaran terindikasi hendak mudik ke kampung halaman.

"Berdasarkan catatan sampai hari ke 9 tanggal 2 Mei bahwa terdapat 23.405 kendaraan yang diminta kembali karena diindikasi akan melaksanakan mudik," tutup Argo.

TAG TERKAIT :
POLRI Berita Center Pandemi corona Larangan Mudik Covid 19 Modus Baru Pemudik

Berita Lainnya