Internasional

China Siap-siap Menanti Sanksi Keras dari AS

Indah Pratiwi - 13/05/2020 17:07

Beritacenter.COM -Pemerintah Amerika Serikat(AS) akan beri sanksi keras kepada China setelah Amerika Serikat (AS) mendapati peringkat pertama di Covid-19.

Senator Graham telah mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk menjatuhkan sanksi kepada China jika Beijing gagal memberikan laporan lengkap tentang peristiwa yang mengarah pada pecahnya pandemi Covid-19 yang kini melanda dunia.

Graham menyebutkan, China telah menolak untuk mengizinkan para penyelidik untuk mempelajari bagaimana wabah itu dimulai di laboratorium yang berada di Wuhan, China.

"Saya yakin China tidak akan pernah bekerja sama dengan penyelidikan yang serius kecuali mereka dipaksa untuk melakukannya," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Rabu (13/5/2020).

Para kritikus Trump menilai pemerintah AS sedang berusaha mengalihkan perhatian dari ketidakmampuan mereka menghadapi pandemi dengan menyalahkan China.

Selain itu, ada senator Demokrat, Tim Kaine, yang partainya mengendalikan DPR Amerika, menegaskan, hal-hal "pasti salah pada China", tetapi ada kebutuhan untuk melihat cerita lengkapnya dan pemerintahan Trump tidak boleh luput dari pengawasan dari masyarakat luas.

"Mari kita ceritakan kisah ini terlebih dahulu dan lihat apa yang menjadi bagian dari masalah ini (bagi) semua orang, untuk memperbaikinya ke depan, dan kemudian kita dapat memutuskan tentang pertanggungjawaban," katanya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Harga Emas berjangka

Berita Lainnya