Teknologi

Planet Mirip Bumi Bikin Takjub Para Ilmuan

Indah Pratiwi - 13/05/2020 20:05

Beritacenter.COM - Di luar Galaksi Bimasakti terdapat sebuah tata surya dimana ada sebuah planet mirip Bumi. Planet tersebut ditemukan oleh para astronom di Selandia Baru.

Dilansir CNet pekan ini, para astronot di Universitas Canterbury, Selandia Baru dibuat kagum dengan planet mirip Bumi yang sangat jarang di alam semesta. Hanya saja diameter planet itu lebih besar dari Bumi dan posisi orbitnya juga mirip dengan Bumi terhadap bintangnya.

"Planet baru ini termasuk di antara segelintir ekso planet yang ukuran serta orbitnya mirip dengan Bumi," kata para ilmuwan dalam siaran pers yang disebar Senin (11/5/2020).

Planet yang diberinama Kepler-62f ini diketahui berada di jarak sekitar 1.200 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Lyra. Dan bintangnya memiliki ukuran lebih kecil dari matahari.

Dalam jurnal The Astronomical Journal edisi Mei 2020, Planet Kepler 62f menghabiskan waktu 617 hari agar bisa mengelilingi bintangnya.Planet itu memili massa 617 hari dalam hitungan setahun.

Saat ini para ilmuwan astrnomi sedang gencar untuk menemukan planet mirip bumi dimana permukaan terdiri dari batu dan memiliki jarak yang tepat dari bintang induknya agar memiliki kandungan air dan udara atau oksigen sebagai penunjang kehidupan.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya