Internasional

Longgarkan Isolasi atau Lockdown Bisa Picu Gelombang Kedua COVID-19

Indah Pratiwi - 15/05/2020 11:01

Beritacenter.COM - Lembaga Kesehatan Dunia (WHO)memberi peringatan soal virus corona (Covid-19) mungkin tidak akan pernah punah dari dunia.
“Virus ini kemungkinan hanya menjadi pendemi virus pada masyarakat kita, dan virus ini kemungkinan tidak akan pernah punah,” ungkap Direktur Kedaruratan WHO, Michael Ryan, dilansir Reuters.

Saat ini masyarakat dunia mengharap agar virus ini segera menghilang. Namun, Ryan mengatakan dunia perlu mempersiapkan diri dalam pertempuran jangka panjang hingga bertahun-tahun.

“Saya pikir menjadi penting agar kita realistis dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang,” sarannya. Apabila kelak vaksin ditemukan, menurutnya, penerapan secara global akan membutuhkan “upaya besar-besaran”.

Kemungkinan, kata dia, sampai bertahun-tahun bagi manusia untuk membangun tingkat kekebalan yang cukup terhadap virus agar virus apapun dapat dicegah.

Hasil laporan Universitas John Hopkins, saat ini sudah ada 4,37 juta orang positif dengan angka kematian 297.197 orang.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesu, mengakui mungkin untuk mengendalikan Covid-19 dengan upaya keras bahkan mengerahkan seluruh kekuatan untuk mengalahkannya.

“Arahnya berada di tangan kita, dan ini adalah urusan semua orang. Kita semua harus berkontribusi untuk menghentikan pandemi ini," ujarnya.

Namun, WHO memberikan peringatan pada negara-negara di dunia yang melonggarkan aturan isolasi wilayah atau lockdown. WHO memperingatkan bahwa tidak ada jaminan pada negara-negara soal pelonggaran pembatasan sosial yang tidak akan memicu gelombang kedua penyebaran Covid-19.

“Banyak negara ingin lepas (dari pandemi Covid-19) dengan berbagai langkah. Namun, rekomendasi kami masih berupa peringatan setiap negara harus berada di tingkat (kewaspadaan) tertinggi,” ujarnya.

“Keduanya memiliki risiko,” katanya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya