News

Soal Praktik Jual Beli Surat Sehat Covid - 19, DPR Minta Polri Usut Pelaku

Dewi Sari - 15/05/2020 15:46

Beritacenter.COM - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Nurhayati Monoarfa meminta kepada Cyber Polri untuk mengusut siapa pelaku yang membuat praktik jual beli surat palsu bebas Covid -19 melalui jejering sosial di marketplace. Menurutnya, perlu diberikan efej jera kepada pelaku.

"Penjual dan pembeli bisa dihukum ini karena pemalsuan dokumen. Ini seharusnya digaungkan oleh pemerintah," kata Nurhayati dalam melalui siaran pers, Jumat (15/5).

Menurutnya, surat keterangan bebas covid-19 merupakan salah satu syarat utama bagi mereka yang dikecualikan berpergian menggunakan moda transportasi selama aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Aturan ini tertuang dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 dan Surat Edaran (SE) Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020.

Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub)diminta untuk meningkatkan pengawasan secara ketat. Kemenhub harus juga bertanggung jawab terhadap kebijakan yang telah diterbitkan.

"Bahwa tujuan dari kebijakan ini adalah benar-benar untuk menekan penyebaran Covid-19 dan meningkatkan ekonomi secara bersamaan," tandasnya.

Seperti yang kita ketahui, telah beredar jual beli surat pernyataan bebas Covid - 19 di salah satu marketplace Tokepedia. Menanggapi hal itu External Communications Seniar Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya membantah adanya praktik kotor jual beli surat pernyataan sehat dari virus Covid-19 di platform Tokopedia. Sebab, penjualan surat palsu termasuk pelanggaran hukum.

"Terkait ditemukannya surat pernyataan sehat dari virus Covid-19 di platform Tokopedia. Kami ingin menginformasikan bahwa tidak terjadi transaksi atas produk ini," kata Ekhel melalui keterangan tertulisnya, Jumat (15/5).

Dia menjelaskan saat ini Tokopedia telah melarang tayang produk atau toko yang melanggar ketentuan dengan menawarkan surat palsu. Meski, Tokopedia menerapkan sistem user generated content (UGC) atau setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri.

 

TAG TERKAIT :
Anggota DPR Berita Center Covid 19 Surat Jual Beli Covid 19

Berita Lainnya