Internasional

Pertimbangkan Pemangkasan Dana ke WHO, Presiden Trump: Mereka 'Boneka China'

Aisyah Isyana - 19/05/2020 10:01

Beritacenter.COM - Ditengah pandemi virus Corona yang masih mewabah dibanyak negara, tak menyurutkan ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat (AS)-China. Presiden AS Donald Trump, bahkan menyebut organisasi kesehatan dunia (WHO) sebagai 'boneka China'.

Trump bahkan disebut tengah mempertimbangkan untuk memangkas atau membatalkan dukungan AS untuk WHO, yang merupakan badan kesehatan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), seperti dilansir AFP, Selasa (19/5/2020).

"Mereka adalah boneka China, mereka China-sentris untuk membuatnya terlihat lebih baik," ujar Trump dalam pernyataan di Gedung Putih.

Baca juga : Ini Tanggapan China soal Presiden Trump yang Ancam Putus Hubungan!

Trump menyebut jika AS telah memberikan pendanaan sebesar US$ 450 juta (Rp 6,6 triliun) setiap tahunnya kepada WHO. Dimana jumlah itu diketahui sebagai jumlah kontribusi terbesar dibanding negara manapun. Dalam hal ini, Trump menyatakan tengah menyusun rencana untuk memangkas besaran pendaan untuk WHO, karena merasa 'tidak diperlakukan dengan benar'.

"Mereka memberikan kita banyak saran yang buruk," ucap Trump merujuk pada WHO.

Adapun pernyataan itu disampaikan Trump saat WHO menggelar sidang majelis tahunan pertama sejak pandemi Covid-19. Dimana virus Corona yang diketahui pertama kali muncul di China da telah merebak ke berbagai negara, telah mengganggu perekonomian besar-besaran dan menewaskan 316 ribu orang secara global, dimana sepertiga korban tewas dari AS.

Dimana dalam hal pendanaan, Trump menyebut China hanya memberi dukungan sebesar US$ 40 juta (Rp593 miliar) saja setiap tahun dan ada satu gagasan yang dipertimbangkan, yakni agar pendanaan dari AS diturunkan. "450 kita turun ke 40," cetus Trump.

"Tapi beberapa orang menganggap itu terlalu banyak," imbuhnya.

TAG TERKAIT :
Donald trump China Corona Virus WHO Presiden AS Covid-19 Pandemi COVID-19 Pendanaan WHO

Berita Lainnya