Opini

Senjata Baru Lawan Covid-19

Indah Pratiwi Budi - 23/05/2020 15:30
Oleh : Deka Prawira Penulis aktif dalam Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini

Virus Covid-19 berusaha dienyahkan dari Indonesia agar semua rakyat selamat. Konsorsium Covid-19 yang didukung oleh pemerintah, membuat 55 jenis ‘senjata’ untuk melawan corona, berupa ventilator dan alat-alat lain untuk mendukung tenaga medis. Diharapkan senjata ini bisa benar-benar menumpas virus Covid-19 sampai tuntas.

Penyakit corona yang mematikan dan masih belum ada vaksinnya, membuat banyak orang jadi takut tertular. Pemerintah juga sudah berusaha keras agar pandemi akibat virus Covid-19 segera berakhir, dengan membuat berbagai peraturan seperti pelarangan mudik, PSBB, stay at home, work at home, dan school at home. Jika ada pasien yang sudah terlanjur tertular corona juga wajib diisolasi di dalam ruangan khusus untuk mendapat perawatan yang intensif, di Rumah Sakit yang ditunjuk oleh pemerintah.

Untuk mendukung tenaga kesehatan agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, maka pemerintah juga menyokong dengan memberikan banyak sekali bantuan berupa masker medis, baju hazmat (alat perlindungan diri), ventilator, dan alat-alat kesehatan lainnya. Sayangnya, banyak alat yang masih impor, sehingga harganya sangat mahal. Apalagi nilai mata uang dollar sedang naik. Selain itu, alat kesehatan ini mulai susah untuk didatangkan ke Indonesia karena ketiadaan pesawat antar negara.

Kondisi ini membuat terbentuknya konsorsium Covid-19 yang isinya terdiri dari para ilmuwan, stakeholder, kementrian, perguruan tinggi dan para ahli kesehatan. Mereka berusaha keras membuat senjata agar Indonesia bebas corona. Namun jangan bayangkan bahwa senjata ini berbentuk pedang, senapan atau meriam. Melainkan alat-alat kesehatan seperti ventilator dan alat rapid test yang bisa membantu pasien corona agar lekas sembuh dan mendeteksi seseorang apakah tertular virus Covid-19.

Presiden Joko Widodo akhir mei tahun 2020 sudah meluncurkan senjata-senjata yang terdiri dari 55 produk. Bahkan 9 di antaranya diperiksa langsung oleh beliau. Presiden sangat optimis dengan adanya senjata ini, karena negeri ini akhirnya bisa mandiri dan tidak usah impor lagi. Jika perlu, vaksin dari virus Covid-19 juga bisa ditemukan oleh ilmuwan asli Indonesia. Sehingga bisa digunakan juga oleh negara lain dan membuat corona menghilang dari muka bumi.

Jenis-jenis senjata yang dilihat dan diperiksa langsung oleh presiden di antaranya alat tes (PCR test kit Covid-19), ventilator VENT-I, robot asisten tenaga medis bernama Raisa dan autonomous UVC mobile robot, alat tes rapid diagnostic test, dan plasma convalesence. Selain itu, ada pula sistem AI (artifcial intelligence) untuk deteksi corona, imunomodulator herbal yang asli dari Indonesia, respirator powered air purifying, dan mobile lab biosafety level 2. Semua asli buatan orang Indonesia dan sangat membanggakan

Presiden juga berharap bahwa alat-alat yang jadi senjata melawan corona ini bukan hanya menjadi purwa rupa (prototype) melainkan bisa diproduksi massal. Agar bisa didistribusikan ke seluruh pelosok Indonesia. Bahkan kalau bisa alat-alat ini diekspor untuk menolong negara lain agar bisa bebas dari serangan virus Covid-19.

Beliau juga mengimbau pengusaha untuk tidak ragu menjadi investor, untuk mengembangkan alat-alat seperti ventilator dan robot asisten tenaga medis. Tujuannya tentu agar senjata ini makin disempurnakan dan bisa diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Kita tentu tahu bahwa riset dan percobaan untuk alat medis butuh sokongan dana yang banyak, oleh karena itu hendaknya para businessman peduli dan mendukung langkah konsorsium Covid-19.

Senjata melawan corona yang terdiri dari alat rapid test, robot tenaga kesehatan, dan ventilator, merupakan buatan asli orang Indonesia. Kita wajib bangga karena para ilmuwan berhasil membuat alat-alat itu untuk menolong banyak pasien corona. Presiden juga berharap senjata tersebut bisa diproduksi massal, bahkan diekspor.

TAG TERKAIT :
Indonesia Pasti Bisa Lawan Corona Ayo Lawan Covid-19 Bersatu Lawan Covid-19 Ayo Bersatu Lawan Covid-19 Indonesia Terserah Jangan Menyerah Lawan Corona Kita Pasti Bisa Lawan Corona Indonesia Jangan Terserah

Berita Lainnya