News

BMKG Soroti Potensi Hujan Berimbas Banjir Rob Pantai Selatan di Mei-Juni

Aisyah Isyana - 26/05/2020 16:36
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Hari ini, banjir rob terjadi di kawasan pesisir pantai selatan, Kebumen, Jawa Tengah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi banjir rob diperkirakan masih akan terjadi hingga Juni mendatang.

Dikatakan Kepala BMKG Cilacap, Taruna Mona Rachman, banjir rob yang terjadi di pesisir selatan Pulau Jawa, termasuk di Kebumen hari ini biasanya terjadi pada bulan Mei-Juni. Adapun besar kecilnya banjir dipengaruhi pasang surut air laut, gelomabang, dan curah hujan.

Baca juga : 

"Banjir rob biasanya terjadi pada bulan Mei dan Juni, besar kecilnya banjir dipengaruhi oleh pasang surut air laut, kondisi gelombang dan curah hujannya," kata Taruna Mona Rachman ketika dihubungi detikcom, Selasa (26/5/2020).

"Apabila pasang surut mencapai nilai maksimum disertai dengan gelombang yang tinggi dan hujan, maka banjir rob yang terjadi menjadi lebih signifikan karena pada saat air laut pasang dan gelombang tinggi terjadi maka air hujan yang mengalir ke laut akan tertahan sehingga akan mengakibatkan banjir rob menjadi bertambah tinggi," sambungnya.

Hari ini, pantauan petugas di lapangan menyebutkan jika air pasang maksimum terjadi sekira pukul 10.00 WIB, mencapai 2,1 meter. Sementara tinggi gelombang di perairan selatan terpatau mencapai 4-5 meter. Banjir rob berpotensi terjadi lantaran dibarengi cuaca hujan.

Sementara itu, BMKG Cilacap juga telah mengeluarkan peringatan dini cuaca pada 26-28 Mei 2020, yakni potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di kawasan perairan dan Samudera Hindia Selatyan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.

Selain itu, terpantau angin akan bertiup dari timur laut hingga selatan dengan kecepatan angin dikisaran antara 2-25 knot. Adapun tinggi gelombang laut terpantau berisar antara 2-6 meter.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar pantai yang elevasinya rendah untuk waspada terhadap potensi banjir rob ini. Diperkirakan ketinggian gelombang masih akan tinggi dalam beberapa hari ke depan," imbuhnya.

TAG TERKAIT :
BMKG Kebumen Banjir Rob Pantai Selatan Banjir Rob Pantai Selatan

Berita Lainnya