Teknologi

Situs Belanja Online Paling Rawan Diretas Penjahat Internet

Indah Pratiwi - 27/05/2020 13:20

Beritacenter.COM - Di tengah pandemi COVID-19 atau virus corona merubah gaya hidup. Apabila dulu banyak hal dilakukan secara langsung dengan bertatap muka. Namun kini harus bertatap muka secara online seperti bekerja dan belajar.

Peningkatan pengguna internet justru tingkat kriminalitas di dunia maya meningkat drastis. Melansir The Conversation, saat ini pelaku kejahatan juga beralih pada platform berbasis internet.

Kejahatan internet meningkat di dunia maya selama pandemi virus corona. Korban kebanyakan terjebak saat mengakses situs online dalam memenuhi kebutuhannya seperti belanja dan bekerja.

Mereka para penjahat cyber membobol server sebuah situs web yang dihosting dan mengubah konten dengan gambar dan teks buatan mereka sendiri.

Padahal dalam bisnis yang perlahan beralih ke e-commerce justru membuat tidak nyaman lantaran terjadi peningkatan peretasan. Hal ini justru mendatangkan kerugian di banyak pihak.

Berdasar laporan peretas Zone-h, jumlah rata-rata serangan deflasi situs web pada April 2020 melonjak hingga 50 persen jika dibanding bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Kebanyakan serangan ini mengarah ke situs web yang dilaporkan pada pertengahan Mei 2020 yang sudah mengkhawatirkan dan dilaporkan pada bulan Mei 2020 selama sebulan penuh.

 

Berita Lainnya