Kriminal

Polisi Tangkap Pelaku Pembuat Akun Facebook Catut Nama Kapolres di Jambi

Aisyah Isyana - 27/05/2020 16:35

Beritacenter.COM - Warga Tanjung Jabung Barat, Jambi, berinisial HB, harus berurusan dengan polisi lantaran diduga telah membuat akun Facebook palsu dengan mencatut nama Kapolres. Parahnya, akun itu digunakan pelaku untuk meminta bantuan.

"Kita tangkap di rumahnya. Tujuan pelaku mencatut nama saya dengan membuat akun Facebook palsu lantaran ingin dapat bantuan karena banyaknya kegiatan yang dilakukan Polres saat ini," kata Kapolres Tanjung Jabung Barat Jambi, AKBP Guntur Saputro, kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

"Pelaku memanfaatkan hal itu agar dapat tanggapan positif dari masyarakat, sehingga pelaku lakukan modus dengan cara meminta sumbangan atau penggalangan dana kepada warga untuk penanggulangan COVID-19," sambungnya.

Baca juga : Ratusan Personel Polres Bengkulu Jalani Rapid Test Corona, Kapolres: Syukur Hasilnya Unreactive

Dalam hal ini, Guntur menyebut HB tak akan diproses secara hukum. Kendati begitu, HB nantinya akan diminta untuk menyampaikan klarifikasi dan permintaan maaf secara terbuka ke masyarakat.

"Dengan kejadian ini agar kiranya dapat memberikan efek jera kepada pelaku. Kita hanya meminta kepada pelaku, agar meminta maaf secara terbuka di depan umum melalui media sosial dan media massa sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat," sebut Guntur.

"Kebijakan pemberian maaf ini, kita ambil murni demi mempertimbangkan kemanusiaan dan kemanfaatan hukum," sambungnya.

Guntur berharap, kejadian ini dapat menjadi pelajaran buat HB agar tak mengulangi peristiwa serupa kedepannya. Dia juga meminta agar warga tidak mengikuti apa yang dilakukan HB.

Sementara itu, HB sendiri mengaku telah membuat akun Facebook palsu itu agar dapat mengumpulkan dana dari masyarakat. Kepada polisi, dia beralasan tengah terjerat hutang. Dia berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya.

"Perbuatan ini baru pertama kali saya lakukan. Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat khususnya Kapolres Tanjab Barat dan keluarga besar Polres Tanjab Barat. Saya sangat menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali," ujar HB.

TAG TERKAIT :
Jambi Facebook Penipuan Berita Kriminal Indonesia Polres Tanjung Jabung Barat

Berita Lainnya