Nasional

Mendagri Sebut Pilkada Serentak Akan Dilaksanakan 9 Desember 2020

Baharuddin Kamal - 27/05/2020 18:41
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian

Beritacenter.COM - Pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 direncanakan akan digelar pada tanggal 9 Desember. Namun, saat pelaksanaan Pilkada itu protokol kesehatan virus Corona (Covid-19) tetap diutamakan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan, pandemi Covid-19 ini memunculkan situasi ketidakpastian. Jika Pilkada serentak diundur hingga tahun 2021 pun tidak menjamin virus tersebut akan berakhir.

“Opsi diundur 2021 Maret atau september itu pun tidak menjamin. Dulu memang punya harapan pada rapat pertama, harapan kita, sitausi kita belum jelas saat itu seperti apa virus ini, endingnya. Kita waktu itu skenarionya 2021 itu aman,” jelas Tito saat rapat virtual dengan Komisi II DPR, Rabu (27/5/2020).

Tito mengatakan, hal ini dilakukan sama seperti negara lain yang tetap menjalankan pemilu namun dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Meskipun ada beberapa yang menundanya.

“Belajar dari pengalaman negara lain dan kemudian bagaimana menyiasatinya, Pilkada Desember ini tetap dilaksanakan, namum protokol kesehatan dan kita koordinasikan,” jelas Tito.

Tito menyebutkan, pihaknya nanti akan berkoordinasi dulu dengan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan terkait pelaksaan Pilkada yang akan dilakukan pada bulan Desember.

“Kami sudah komunikasikan dengan Kemenkes dan Gugus Tugas. Prinsipnya mereka lihat belum selesai 2021 mereka dukung 9 Desember. Namun protokol kesehatan dipatuhi, disusun dengan mengikutsertakan mereka-mereka dan waktu pelaksanaan bersama dan bisa menjadi pendorong,” tutup Tito.

TAG TERKAIT :
KPU Berita Center Tito Karnavian Mendagri Pilkada Serentak 2020

Berita Lainnya