News

Presiden Jokowi Tegaskan Jutaan Petani dan Nelayan Harus Dapatkan Bansos di Tengah Pandemi

Dewi Sari - 28/05/2020 10:33

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pembagian bantuan sosial (bansos) kepada jutaan petani dan nelayah harus merata. Hal itu diberikan untuk mengurangi beban rumah tanga ditengah pandemi corona.

"Pertama, melalui program jaring pengaman sosial pastikan 2,7 (juta) petani dan buruh tani miskin dan 1 juta nelayan dan petambak harus masuk program bansos yang kita adakan," ucapnya dalam rapat terbatas 'Insentif bagi Petani dan Nelayan dalam menjaga Ketersediaan Bahan Pokok' melalui telekonferensi, Kamis (28/5/2020).

Jokowi mengatakan bansos yang diberikan merupakan Program Keluarga Harapan (PKH), bansos tunai, BLT desa dan paket sembako hingga subsidi listrik.

"Tujuan utama skema ini untuk ringankan beban konsumsi rumah tangga keluarga yang kurang mampu," imbuhnya.

Program subsidi kedua adalah memberikan subsidi kredit relaksasi dengan memberikan jangkauan termurah kepada petani dan nelayan yang tidak mampu.

"Pemerintah sudah menyiapkan Rp34 triliun," tukas Jokowi.

Selanjutnya ketiga, pemerintah akan memberikan simulasi modal kerja. Jokowi meminta dalam penyaluran simulasi ini untuk tidak berbelit belit dalam menyampaikan materinya.

"Saya minta prosedurnya dipermudah, aksesnya dipermudah, dibuat sederhana, tak dibuat berbelit-belit sehingga petani dan nelayan petambak kita bisa memperoleh dana yang dibutuhkan," ucap Jokowi.

"Keempat, melalui instrumen bantuan non fiskal melalui kebijakan kelancaran supply chain yang kita harapkan usaha pertanian dan perikanan ini bisa lebih baik melalui ketersediaan bibit, pupuk, alat produksi, saya kira ini sudah kita berikan beberapa tahun lalu," pungkasnya.

 

TAG TERKAIT :
Jokowi Berita Center Presiden Jokowi Jokowi Berika arahan

Berita Lainnya