News

Pemudik Terancam Tak Bisa Masuk Jakarta Jika Tak Punya Surat Ini

Indah Pratiwi - 28/05/2020 13:27

Beritacenter.COM - Pemerintah DKI Jakarta akan memaksa masyarakat yang belum mengurus Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) agar tidak memasuki ibu kota.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan, sudah 6,364 kendaraan dipaksa putar balik. Mereka dicegat di perbatasan Jabodetabek.

"Data kami total diputar balik di Jabodetabek yang coba masuk 6364," ujar Syafrin saat siaran langsung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (28/5/2020).

Selain itu, jika mereka sudah mempunyai SIKM, mereka akan tetap dipeeriksa. Caranya dengan memindai QR code pada SIKM karena perlu dicocokan KTP orang tersebut dengan SIKM yang dimiliki oleh para penumpang.

"Dalam visual sangat mudah karena SIKM ada foto diri yang bersangkutan. Bahwa saat ajukan ada KTP. Ini satu kesatuan SIKM. Sehingga petugas pas ditunjukkan SIKM identik apa enggak foto. Kalau curiga bakal minta di-scan," kata dia.

Hal ini untuk meminimalisir jumlah orang yang masuk ke Jakarta. Diharapkan langkah tersebut mampu menekan tingkat penularan virus corona Covid-19.

"Ini kami akan jaga dua minggu setelah perpanjangan PSBB ketiga. Kami harap bisa terus tekan. Semua warga punya kolektif di Jakarta bisa keluar dari PSBB dan masuk masa transisi," kata dia.

Berita Lainnya