Kriminal

Polisi Ringkus 3 Pembobol ATM Gasak Duit Ratusan Juta di Gianyar Bali

Aisyah Isyana - 28/05/2020 17:30

Beritacenter.COM - Polisi meringkus tiga pelaku pembobol mesi anjungan tunai mandiri (ATM) di kawasan Jalan Bypass Darma Giri Buruan, Gianyar, Bali. Ketiga pelaku yang diringkus polisi, yakni RF (28), TIY (25), dan IWK (28).

"Pelapor melihat di grup WhatsApp kantor ada update bahwa di ATM Bank Mandiri SPBU Buruan Jalan Bypass Darma Giri, Gianyar, CCTV mesin ATM dan juga CCTV di dalam ruangan ATM tertutup lakban," kata Wakil Direktur Reskrimum Polda Bali AKBP Suratno, Kamis (28/5/2020).

"Kemudian, saat di kantor, pelapor selaku regional manager menanyakan tentang apa yang ditemukan di lapangan. Saat itu disampaikan bahwa tanggal 27 Mei sekitar pukul 06.17 Wita di lokasi ATM Bank Mandiri, CCTV mesin ATM dan CCTV di dalam ruangan ATM tertutup lakban. Dan tiga kotak uang yang ada di mesin ATM hilang," lanjut Suratno.

Baca juga : Jaga Zona Hijau Tetap Hijau, Pemprov Maluku Tetap Terapkan New Normal di 6 Daerah Hijaunya

Menurutnya, dalam masing-masing kotak uang itu berisi Rp200 juta, dimana total 3 kotak uang yang digasak pelaku berjumlah Rp600 juta. Penangkapan terhadap ketiganya dilakukan tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Bali setelah melakukan penyelidikan, Rabu (27/5).

"Barang bukti yang diamankan uang lembaran seratus ribu berjumlah Rp 333 juta, kaset yang dibakar, 1 mobil Toyota Agya warna putih, 1 buah magicom pemasak nasi hasil pembelian dari uang kejahatan, dan 1 buah blander hasil pembelian dari uang kejahatan," jelasnya.

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku menggunakan modus menggunakan anak kunci untuk membuka ATM. "Pelaku dengan berencana membongkar pintu brankas ATM dengan menggunakan anak kunci," imbuh Suratno.

Terkait kasus ini, Suratno menyebut pelaku memberikan informasi terkait adanya warga negara Aljazair yang diduga terlibat dalam aksi tersebut.

"Terhadap ketiga pelaku, semua telah mengakui telah melakukan pencurian dengan pemberatan di ATM SPBU Jalan Buruan, Gianyar. Dan ada satu pelaku kewarganegaraan Aljazair atas nama Phillip yang belum ditemukan keberadaannya (DPO)," jelas dia.

 

TAG TERKAIT :
Polda Bali Berita Kriminal Indonesia Pembobol ATM Bobol ATM

Berita Lainnya