Nasional

Dukung Jokowi soal New Normal, Golkar: Kebijakan Strategis Tanpa Abaikan Penanganan Corona

Lukman Salasi - 29/05/2020 14:51

BeritaCenter.COM - Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mendukung kebijakan Presiden Jokowi yang tengah mempersiapkan tatanan normal baru atau 'new normal'. Ace menilai kebijakan tersebut baik untuk kelangsungan ekonomi tanpa mengabaikan penanganan COVID-19.

"Tentu kami mendukung kebijakan 'new normal' ini dalam rangka kelanjutan keberlangsungan ekonomi tanpa mengabaikan penanganan COVID-19 ini," kata Ace kepada wartawan, Jumat (29/5/2020).

Ace menyebut kebijakan 'new normal' sebagai langkah strategis dari pemerintah. Kebijakan 'new normal', menurut Ace, memungkinkan masyarakat bisa beraktivitas normal tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

"Skenario 'new normal' bukan berarti kita menyerah terhadap COVID-19. Kebijakan ini merupakan langkah strategis, sebagaimana juga rekomendasi WHO dan sudah diberlakukan di beberapa negara lainnya di dunia, agar keberlanjutan pembangunan terutama di bidang perekonomian agar tetap dapat berjalan tanpa mengabaikan sama sekali kesehatan dan keselamatan masyarakat," ujarnya.

Ace meyakini kebijakan 'new normal' yang dicanangkan Jokowi telah melalui berbagai pertimbangan, seperti studi para ahli epidemiologi dan kesiapan masing-masing daerah. Selain itu, menurutnya, pemerintah harus mempertimbangkan kepatuhan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Oleh karena itu, implementasi dari kebijakan 'new normal life' ini harus didasarkan pada evaluasi data epidemiologi yang betul-betul transparan dan akurat di suatu daerah, dan kapasitas dari penanganan daerah dalam hal kesehatan warga, serta kedisiplinan warga dalam mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Pemerintah harus betul-betul mempertimbangkan ketiga hal tersebut," jelas Ace.

Menurut Ace, skenario 'new normal' diterapkan untuk memulihkan kondisi ekonomi. Karena itu, Golkar mendukung kebijakan ini tanpa mengabaikan protokol kesehatan yang berlaku.

"Kebijakan 'new normal' dilakukan untuk menekan laju pelambatan ekonomi sebagai dampak pandemi COVID-19, mengatasi kemungkinan semakin bertambahnya pemutusan hubungan kerja (PHK), mengatasi pengangguran, tetap berjalannya supply dan demand, dan tentu dalam rangka memulihkan kondisi ekonomi agar perlahan-lahan kembali normal," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Partai Golkar Berita Center Presiden Jokowi Dukung Jokowi Penerapan New Normal Kebijakan New Normal

Berita Lainnya