News

Angkut Penumpang Tanpa SIKM, Travel Ilegal Terjaring Razia di Depok

Baharuddin Kamal - 29/05/2020 22:29

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian menyetop kendaraan pariwisata atau travel yang nekat membawa pemudik kembali ke Jakarta. Travel ilegal itu terjaring razia di Jalan Raya Bogor, Jumat 29 Mei 2020, dini hari tadi.

Dalam kendaraan itu, polisi menemukan sebanyak 14 penumpang asal Kuningan, Jawa Barat, yang diantaranya tidak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

"Mereka asli Kuningan. Setelah kami cek, beberapa ada yang bekerja serabutan, mungkin ke Jakarta dengan harapan mencari kerja. Ada penumpang yang kami loloskan karena mempunyai SIKM (surat izin keluar-masuk DKI)," kata Kasat Lantas Polres Depok, Kompol Erwin Aras Genda kepada wartawan, Jumat (29/5/2020).

Erwin menjelaskan, travel tersebut sengaja melewati jalur non tol agar terhindar dari razia disetiap perbatasan. Namun setelah lolos dari bogor, travel tersebut tidak bisa melawati Depok untuk selanjutnya ke Ibu Kota Jakarta.

"Mobil travel dari Kuningan (Jawa Barat) akan masuk wilayah DKI Jakarta dengan akses melalui Jalan Raya Bogor menuju Kota Depok, mobil travel ilegal ini tidak menggunakan jalan tol dan pilih melintasi jalur arteri via Sukabumi-Bogor," paparnya.

Dari peraturan yang sudah ditetapkan, pihak kepolisian menjerat operator travel dengan hukuman karena beroperasi tak sesuai trayek serta memboyong penumpang tanpa izin masuk ke Depok.

"Operator travel kami kenakan sanksi Sedangkan penumpang yang tak mengantongi izin dipaksa kembali. Jika memiliki SIKM kami perbolehkan ke Jakarta," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
POLISI Berita Center Virus Corona Covid-19 PSBB New Normal Polisi Kawal New Normal

Berita Lainnya