Nasional

Gubernur Banten Izinkan Tempat Ibadah Dibuka Bertahap dengan Syarat Perketat Prokotol Kesehatan

Lukman Salasi - 31/05/2020 12:03

BeritaCenter.COM – Gubernur Banten Wahidin Halim menyetujui usulan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar agar tempat ibadah dibuka secara bertahap. Wahidin meminta protokol kesehatan COVID-19 di tempat ibadah harus lebih diperketat.

"Saya setuju tempat peribadatan dibuka, akan tetapi protokol kesehatan COVID-19 harus lebih diperketat di sarana ibadah tersebut. Jangan sampai malah nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Wahidin dalam rapat koordinasi dengan forkopimda di wilayah Banten yang digelar secara virtual, Sabtu (30/5).

Wahidin juga meminta agar pembukaan pusat-pusat belanja dan KBM di sekolah tidak diputuskan dengan terburu-buru. Dia meminta pemerintah daerah di Tangerang Raya mengkajinya terlebih dahulu.

"Terkait pembukaan mal kita perlu disepakati bersama bagaimana nanti cara pengamanannya. Jangan sampai kita kecolongan, dan juga saya sepakat untuk sekolah untuk sementara, ya, diliburkan karena dikhawatirkan terjadi penularan, sampai ada arahan dari pusat," tuturnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan telah mendiskusikan pembukaan tempat ibadah tersebut dengan MUI, DMI dan FKUB.

"Kami sudah membahas dan mendiskusikan untuk penggunaan rumah-rumah ibadah yang ada di Kabupaten Tangerang. Sudah berbicara dan diskusi dengan MUI, DMI, dan FKUB. Secara bertahap terlebih dahulu masjid dan sarana ibadah lain dibuka selama perpanjangan PSBB," kata Zaki dalam keterangan tertulis, Minggu (31/5/2020).

Dia menegaskan pelonggaran tempat ibadah harus dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Karena sampai hari ini pun beberapa masjid masih ada yang melakukan salat Jumat dan salat berjemaah. Lebih baik daripada kita biarkan tanpa aturan, dengan ini kita berikan izin dengan aturan yang ketat. Yang penting mereka bisa disiplin dan pelaksanaannya diikuti dengan standar protokol kesehatan Corona virus, maka akan kami ijinkan," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Gubernur Banten Pembukaan Tempat Ibadah Perketat Protokol Kesehatan

Berita Lainnya