News

TNI Amankan 23 TKI Ilegal yang Baru Pulang dari Malaysia

Baharuddin Kamal - 03/06/2020 01:20
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Personel TNI AL mengamankan 23 orang pekerja migran ilegal yang baru pulang dari Sepang, Malaysia. Para pekerja ilegal itu ditangkap saat tengah menunggu angkutan di Jalan Sukamaju, Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, Selasa, (2/6/2020) pagi.

Pengungkapan ini bermula dari informasi masyarakat yang mengatakan adanya aktifitas sekelompok orang diduga pekerja migran ilegal di wilayah Kelurahan Mundam.

Atas laporan itu, prajurit TNI AL yang dipimpin oleh Kapten Laut (P) Irwan langsung menuju lokasi dan berhasil mengamankan 23 orang pekerja migran yang kembali ke Indonesia secara ilegal. Seluruh pekerja migran tersebut merupakan laki-laki.

"Mereka diamankan saat menunggu mobil travel yang akan mereka tumpangi menuju daerah asal mereka masing-masing," sebut Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan dalam keterangan pers yang disebarkan Dinas Penerangan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I-Belawan.

Saat ini para pekerja migran ilegal itu telah dibawa ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Dumai di Hotel Mayang Suri.

"Setelah kita pastikan mereka tidak membawa barang terlarang, mereka kita serahkan kepada tim GTPP Covid-19 Dumai untuk dilaksanakan pemeriksaa kesehatan dan karantina selama 14 hari sebelum nantinya diberangkatkan menuju daerah asal," terangnya.

Dari keterangan yang didapat, para pekerja itu terpaksa kembali ke Indonesia secara ilegal lantaran mereka telah kehilangan pekerjaan pasca-diperpanjangnya masa karantina wilayah (lockdown) di Malaysia hingga 9 Juni 2020 mendatang.

"Mereka tak punya pilihan untuk pulang secara ilegal karena untuk pulang secara resmi mereka tidak punya uang dan juga dokumen resmi," tukasnya.

TAG TERKAIT :
TNI Malaysia Berita Center TKI Ilegal Virus Corona Pekerja Migran

Berita Lainnya