News

Ini Kata Pemprov DKI soal Beredarnya Informasi Anies Perpanjang PSBB Jakarta

Aisyah Isyana - 03/06/2020 18:50

Beritacenter.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan beredarnya informasi yang menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai hoax atau informasi bohong. Pasalnya, Pemprov DKI belum mengumumkan soal kebijakan perpanjang PSBB.

"Hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta. Pengumuman terkait hal tersebut akan disampaikan secara resmi melalui konferensi pers Gubernur Provinsi DKI Jakarta," tulis pemprov DKI Jakarta dalam situs resminya, jalahoaks, Kamis (4/5/2020).

Baca juga : Jokowi Siap Pulihkan Ekonomi Nasional, Ajak Kejagung Hingga KPK Mengawasinya

Terdapat dua salinan pengumuman yang beredar sebagai informasi PSBB di Jakarta disebut telah diperpanjang. Adapun pengumuman pertama berupa draft aturan Keputusan Gubernur (Kepgub). Dimana belum ada nomor Kepgub maupun tanda tangan pengesehan dari Anies.

Selanjutnya, ada yang disebut sebagai Kepgub nomor 412 tahun 2020, dimana nomor Kepgub itu merupakan Kepgub untuk perpanjangan PSBB yang lama, bukan yang terbaru atau yang disebut perpanjangan dari 5-18 Juni 2020.

"Regulasi Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 412 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam penanganan Corona Virus disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah kebijakan yang telah ditetapkan sejak tanggal 22 April 2020 untuk pemberlakuan PSBB Tahap Kedua atau perpanjangan PSBB pertama yaitu selama 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 7 Mei 2020," kata Pemprov DKI.

"Dapat dijelaskan pula bahwa setelah Kepgub 412 Tahun 2020, Pemprov. DKI Jakarta juga telah menetapkan PSBB Tahap Ketiga dalam Kepgub Nomor 498 Tahun 2020 tanggal 19 Mei 2020 yang menetapkan perpanjangan PSBB hingga tanggal 4 Juni 2020," katanya.

Sejauh ini, Pemprov DKI mengaku belum mengeluarkan produk hukum terkait perpanjangan PSBB. "Selanjutnya, hingga saat ini Pemprov. DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.

"Link Pemberitaan mengenai Gubernur Anies Baswedan kembali Perpanjang PSBB hingga 18 Juni, melalui media sosial adalah tidak benar," imbuhnya.

Sebagaiamana diketahui, penerapan PSBB DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni 2020 besok. Beredar informasi jika PSBB Jakarta akan kembali diperpanjang hingga 18 Juni mendatang.

TAG TERKAIT :
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Pemprov DKI Virus Corona Pandemi COVID-19 PSBB Jakarta

Berita Lainnya