News

Putus Rantai Penyebaran Virus Corona, Ponorogo Bentuk 307 Kampung Tangguh

Aisyah Isyana - 03/06/2020 21:21

Beritacenter.COM - Polisi menggagas pembentukan kampung tangguh di Ponorogo, Jawa Timur, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona (COVID-19). Ada sebanyak 307 kampung tangguh yang disiapkan di Ponorogo guna melawan virus COVID-19.

"Ponorogo disiapkan ada 307 kampung tangguh, setidaknya dua minggu terakhir tercapai. Karena sebelumnya, Pemkab Ponorogo punya desa siaga," tutur Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Baca juga :

Dengan adanya kampung tangguh ini, diharapkan masyarkat juga turut berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus Corona di Ponorogo. Terbaru, kampung tangguh yang hari ini baru di-launching terdapat di kelurahan Tonatan, Kecamatan Kota.

Di kampung tangguh itu, terdapat posko yang difungsikan sebagai pusat informasi, sistem pengamanan kampung yang efektif dan sarpas pendukung memadai, petgas yang melayani konseling psikologi dan binrohtal, SDM untuk mengevakuasi pasien Corona, SDM untuk pemulsanan jenazah Corona, dan lokasi pemakaman jenazah COVID-19.

"Serta ada lumbung pangan di tiap kampung dalam bentuk gotong royong, ini yang utama," kata Aziz.

Selain itu, ada juga lumbung pangan yang berasal dari bantuan masyarkat untuk warga lainnya yang lebih membutuhkan. "Bentuk gotong royong masyarakat, jadi ketika ada yang mampu bisa mengumpulkan bahan pangan dan disalurkan kepada masyarakat yang sakit atau yang membutuhkan," jelasnya.

Sebelum pembentukan kampung tangguh, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni sebelumnya menyebut Ponorogo awalnya sudah membentuk desa siaga guna menaggulangi COVID-19.

"Dulu waktu awal COVID-19, Ponorogo sudah menyiagakan desa siaga. Ini juga sejalan dengan kampung tangguh bertumpu pada aspek pencegahan, membatasi orang yang datang dan keluar," jelas Ipong.

Dia menilai, pemebentukan kampung tangguh yang juga dilengkapi lumbung pangan ini harus lebih mengedepankan gotong royong dalam membatu warga yang membuthkan.

"Lumbung pangan nanti kita gotong royong untuk bantu yang kekurangan, nanti pemerintah juga bantu," jelasnya.

TAG TERKAIT :
Virus Corona Pandemi COVID-19 Cegah Penyebaran Virus Corona Lawan Covid-19 Kampung Tangguh

Berita Lainnya