Kriminal

BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu 2,25 Kg di Kaltim, Dua Orang ditangkap dan 1 Buron

Baharuddin Kamal - 03/06/2020 23:53
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 2,25 kg yang rencananya akan diedarkan di Balikpapan.

Penyelundupan ini terbongkar dari laporan masyarakat yang mengatakan akan tiba sabu dari Sumatera tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (30/5) lalu.

"Kami kerjasama dengan Bea Cukai, ada warga Balikpapan, HN, sedang mengambil paket yang kami curigai narkoba," kata Kabid Pemberantasan BNN Provinsi Kalimantan Timur AKBP Halomoan Tampubolon, di kantornya, Jalan Rapak Indah, Samarinda, Rabu (3/6/2020).

Dari penangkapan itu, petugas menyita 8 bungkus sabu dan 4 bungkus ekstasi berjumlah 1.000 butir.

"Paket dikirim dari Riau, dikemas dalam kotak creambath, tujuan Balikpapan. Dari keterangan HN, dia hanya disuruh GN. Kami amankan GN di sebuah kawasan perumahan di Balikpapan," ujar Tampubolon.

Dari pengakuan tersangka GN, barang haram tersebut adalah pesanan milik FH yang diketahui tinggal di perumahan kawasan Batakan. Namun saat upaya penangkapan, FH sudah mengendus kedatangan petugas dan berhasil melarikan diri.

"Di rumah kontrakan FH, kami temukan 0,51 gram sabu, 20 butir ekstasi, dan timbangan," tambah Tampubolon.

Selain narkoba, petugas juga menyita 2 mobil di rumah FH yang diduga hasil pencucian uang bisnis narkoba. FH sendiri dikabarkan berada di Riau.

"Sesuai instruksi BNN RI, kita usut barang diduga hasil pencucian uang narkoba. FH kini masuk buronan BNN," ungkap Tampubolon.

Dari keterangan 2 tersangka HN dan GN, pengiriman kali ini, adalah ketiga kalinya. Dua pengiriman sebelumnya, juga rata-rata seberat 2 kilogram, dikirim dari Riau melalui jasa pengiriman ekspedisi.

"Dua pengiriman, termasuk yang ketiga ini, dikirim di masa pandemi Covid-19," jelas Tampubolon.

Masih di hari yang sama, BNN Kota Balikpapan, juga menangkap warga Balikpapan terduga pengedar sabu, AA.

"Kita amankan barang bukti 3,72 gram sabu, setelah masyarakat melapor ke call center BNN. Tiga tersangka dari 2 kasus berbeda ini, sekarang kita tahan di kantor (BNNP Kaltim)," demikian Tampubolon.

TAG TERKAIT :
Narkoba Kasus Narkoba Sabu Berita Kriminal Indonesia Berita Center BNNP Kaltim

Berita Lainnya