Bisnis

Di Tengah Pandemi Kondisi Ekonomi Jepang Alami Kontraksi

Indah Pratiwi - 08/06/2020 12:35

Beritacenter.COM - Di saat pandemi COVID-19 perekonomian negara Jepang pada kuartal I 2020 membuat kontraksi 0,6 persen dibanding perekonomian kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Jepang dinilai lebih baik jika dibandingkan prediksi sebelumnya.

Jepang sebelumnya dilaporkan akan menyusut sedalam 0,9 persen dimana negara tersebut akan membuat Jepang masuk ke dalam jurang resesi ekonomi. Alasannya, Jepang telah mengalami kontraksi dua kuartal secara berturut-turut.

Pada kuartal IV 2019, perekonomian Jepang mengalami kontraksi sedalam 1,9 persen. Hal itu akibat dari kenaikan pajak dan topan yang menghantam Jepang pada akhir tahun lalu.

Tekanan demi tekanan semakin parah setelah dunia berstatus pandemi corona(COVID-19). Alasannya virus tersebut telah menginveksi 6 juta orang di dunia. Di Jepang sendiri 900 orang dinyatakan meninggal akibat virus tersebut.

Akibatnya, pemerintah Jepang meminta masyarakat tetap tinggal di rumah selama beberapa pekan. Kebijakan itu rupanya mempengaruhi perkonomian Jepang. Ekonomi negara Jepang mengalami tekanan dalam beberapa bulan lantaran dampak dari kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya