News

Sampaikan Pesan ke Masyarakat, BNPB-MUI Libatkan Ulama Tanggulangi COVID-19

Aisyah Isyana - 09/06/2020 05:45

Beritacenter.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turut melibatkan ulama dalam melakukan penanggulangan pandemi COVID-19. Hal itu terwujud dalam kesepakatan kerjasama yang diteken Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan BNPB.

Dalam hal penanggulangan pandemi COVID-19, para ulama akan berperan menyampaikan pesan-pesan ke masyarakat. BNPB menilai, banyak masyarakat menunggu titah para ulama dalam menghadapi bencana wabah virus Corona.

Baca juga : Menuju 'New Normal', Masa Transisi Surabaya Raya Berlangsung 14 Hari

"BNPB merasa penting untuk banyak melibatkan ulama dalam menyampaikan pesan penanggulangan bencana. Masyarakat banyak menunggu titah ulama dalam menghadapi bencana," ujar Sekretaris Satgas COVID-19 MUI, M Cholil Nafis, dalam keterangannya, Selasa (9/6/2020).

Cholil menilai, para ulama akan mengugah kesadaran masyarakat melalui dakwah mengenai kecintaan manusia terhadap alam dan lingkungan, termasuk juga soal mitigasi bencana. Untuk itu, diharapkan peran ulama dapat membuat kesadaran masyarakat soal virus Corona dapat lebih meningkat lagi.

"Salah satu cara yang efektif untuk mengajak umat tanpa paksaan yang menyentuh sampai level yang paling bawah adalah taushiyah ulama. Dakwah asatidz yang bisa memberi literasi kepada umat agar sadar bencana dengan nilai-nilai keimanan," kata Cholil.

Lewat peran ulama dalam menyampaikan pesan ke masyarakat, diharapkan dapat membawa umat manusia melewati bencana pandemi COVID-19. Masyarakat juga diharapkan dapat lebih meningkatkan kesadaran dan mematuhi protokol kesehatan yang diberikan pemerintah.

"Seperti soal pandemi COVID-19 diharapkan ulama dapat memberi pelajaran dan kesadaran umat untuk mematuhi protokol kesehatan," tuturnya.

TAG TERKAIT :
MUI BNPB Corona Virus Pandemi COVID-19 Cegah Penyebaran Corona Protokol Kesehatan

Berita Lainnya