Teknologi

Robot AI Dikerahkkan Untuk Bantu Cegah Penyebaran COVID-19

Indah Pratiwi - 09/06/2020 08:14

Beritacenter.COM - Teknologi robot yang menggunakan kamera dan layar LED dengan sigap menyambut para pengunjung di lobi kantor pusat operator seluler terbesar Korea Selatan (Korsel). Perusahaan menggunakan robot itu memeriksa suhu tubuh karyawan dan pengunjung, memberikan pembersih tangan atau hand sinitizer dan mendisinfeksi lantai.

"Tolong ambil bagian dalam menjaga jarak sosial," kata robot berwarna putih dengan tegas tapi sopan mengingatkan tiga karyawan SK Telecom dilansir Reuters.

Banyak perusahaan di Korsel menggunakan robot untuk berbagai tugas, termasuk manufaktur dan pembersihan. Selain itu, banyak dorongan penggunaan robot karena lebih banyak perusahaan berusaha untuk mengurangi kontak manusia di tengah kekhawatiran pandemi Covid-19.

Robot tersebut merupakan kembangan dari SK Telecom dan Omron Electronics Korea. Mereka akan memberikan solusi otomasi industri, mentransmisikan data ke server secara real time yang berbasis teknologi generasi kelima perusahaan telekomunikasi.

Apabila saat pemeriksaan suhu seseorang di atas 37,5 Celcius maka akan disuruh pulang. Dan robot tersebut juga menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi pertemuan, dan menyarankan orang untuk bubarkan diri.

"Robot membantu meminimalkan kontak orang-ke-orang dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan suhu di pintu masuk dan teknologi AI meningkatkan akurasi," kata Ra Kyhong-hwan, kepala kerja sama bisnis data di SK Telecom.

Dalam hal ini robot dipersenjatai lampu ultraviolet dan dua penyemprot disinfektan. Selain itu robot juga bisa mensterilkan 99% dari area permukaan seluas 33 meter dalam waktu 10 menit.

"Pengembang menambahkan fungsi untuk menyembunyikan wajah yang dicerminkan di layar untuk melindungi privasi orang," kata Ra.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya