Opini

Ditangan Jokowi-Ahok "Pertamina Menuju Kelas Dunia"

Indah Pratiwi Budi - 10/06/2020 12:30
Oleh: Wahyu Sutono

Basuki Tjahaya Purnama berkeyakinan bahwa PT Pertamina (Persero) bisa segera menjadi perusahaan BUMN yang mendunia. Hal ini mulai ditandai dengan berhasilnya Pertamina menyetor kepada negara 120 Triliun rupiah lebih, dan ini adalah rekor setoran terbesar dari sejarah 62 tahun Pertamina berdiri.

Pertamina pun menyabet Platinum Awards di ajang kompetisi Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2020, karena Pertamina menghimpun penghargaan terbanyak pada kategori BUMN dan Anak Usaha BUMN.

Yakni berhasil meraih 25 penghargaan dari 10 sub kategori, yaitu owned media, kanal digital, manajemen krisis, laporan tahunan, brand guideline, program PR, program CSR, departemen PR dan Pertamina menjadi perusahaan terpopuler di media.

Khusus kategori terpopuler di media, PR Indonesia bekerja sama dengan iSentia Indonesia melakukan monitoring pemberitaan dengan eksposur positif terbanyak dari ratusan korporasi/lembaga/kementerian/pemerintah daerah di 176 media cetak mainstream Indonesia sepanjang tahun 2019.

Dari hasil mainstream media monitoring tersebut, Pertamina dinobatkan sebagai salah satu BUMN terpopuler di media dan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk dinobatkan sebagai salah satu anak usaha BUMN terpopuler di media.

Lalu anak perusahaan dan afiliasi Pertamina juga berjaya pada satu-satunya ajang kompetisi praktisi PR paling komprehensif di Indonesia ini. Pertamina EP, Pertamina Drilling Services Indonesia, Tugu Pratama Indonesia Tbk, Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi juga meraih penghargaan dalam berbagai kategori.

Hebatnya lagi Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk daftar Top 500 Fortune Global 2019, bahkan mampu mengalahkan raksasa e-commerce asal China, Alibaba Grup milik Jack Ma dan raksasa AS, Facebook milik Mark Zuckerberg.

Penyebabnya adalah dengan manajemen kekinian peringkat Pertamina melonjak dari posisi 253 pada tahun 2018 menjadi 175 tahun lalu, atau naik 78 peringkat. Alibaba Grup berada di posisi 182 dan Facebook di 184.

Dengan semua pencapaian tersebut membuktikan bahwa beberapa perusahaan BUMN mampu menjadi perusahaan bergengsi dan disegani, tidak hanya di dalam negeri, namun juga di mancanegara.

Jayalah BUMN.. Majulah Pertamina..

Salam NKRI Gemilang

 

(SUMBER: FACEBOOK Wahyu Sutono)

TAG TERKAIT :
Ahok PERTAMINA Jokowi Joko Widodo Basuki Tjahaya Purnama Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku

Berita Lainnya