Nasional

GOKIL.....! "Tangan Dingin" AHOK Pertamina Kalahkan Alibaba & Facebook

Indah Pratiwi Budi - 11/06/2020 12:38
FOKUS : Ahok

KABAR gembira: Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk daftar Top 500 Fortune Global 2019. Bahkan mengalahkan raksasa e-commerce asal China, Alibaba Grup milik Jack Ma dan raksasa AS, Facebook milik Mark Zuckerberg.

Penyebabnya karena peringkat Pertamina melonjak dari posisi 253 tahun 2018 menjadi 175 tahun lalu, atau naik 78 peringkat. Alibaba Grup berada di posisi 182 dan Facebook di peringkat 184.

Pencapaian tersebut membuktikan bahwa perusahaan BUMN mampu menjadi perusahaan bergengsi dan disegani, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di mancanegara.

Catatan khusus adalah lonjakan pesat peringkat Pertamina dalam daftar Top Fortune Global 500. Ini menjadi indikasi membaiknya kinerja menyusul konsolidasi di dalam tubuh Pertamina yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dipercaya sebagai Komisaris Utama Pertamina sejak akhir November tahun lalu.

Ahok sempat berkelakar soal posisinya: "Komut rasa Dirut." Sangat mungkin kelakar tersebut menjadi kenyataan menyusul prestasi membanggakan Pertamina di kancah dunia. Isu tentang itu belakangan memang santer.

FORTUNE Global 500 atau dikenal juga dengan Global 500 merupakan daftar tahunan yang memuat 500 perusahaan terbaik di seluruh dunia berdasarkan peringkat yang dirangkum dan diterbitkan oleh majalah Fortune selama 67 tahun berturut-turut. Pemeringkatan tersebut berdasarkan pendapatan dan laba bersih perusahaan di tahun fiskal sebelumnya.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan pencapaian Pertamina berkat dukungan positif dari berbagai pihak, baik manajemen dan pekerja, pemerintah, masyarakat serta stakeholder lainnya.

“Adalah suatu kebanggaan Pertamina berada di peringkat Top 175 daftar Fortune Global 500," kata Fajriyah seperti dikutip portal berita Pertamina https://bensinkita.com
Peace

Oleh: Ferdinand Matita

TAG TERKAIT :
Ahok PERTAMINA Basuki Tjahaja Purnama Pertamina Mendunia

Berita Lainnya